1 WNI yang Dievakuasi dari Afghanistan Sakit, Menlu: Non Covid

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 05:58 WIB
loading...
1 WNI yang Dievakuasi dari Afghanistan Sakit, Menlu: Non Covid
WNI berhasil dievakuasi dari Afghanistan tiba di Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta, Sabtu (21/8/2021) dini hari. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Sebanyak 26 Warga Negara Indonesia (WNI) dan 7 Warga Negara Asing (WNA) berhasil di evakuasi dari Afghanistan . Mereka diangkut menggunakan pesawat TNI AU Boeing 737-400 dan telah tiba dengan selamat di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (21/8) dini hari tadi sekitar pukul 03.05 WIB.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, secara keseluruhan 26 WNI dan 7 WNA itu dalam kondisi baik. Hanya, ada satu orang WNI yang kurang sehat, tapi bukan Covid-19 dan akan segera mendapatkan perawatan.

"Seluruh WNI berjumlah 26 orang, yang kita evakuasi semua dalam kondisi baik. Dengan catatan satu diplomat dalam kondisi kurang sehat, non Covid dan akan segera dilakukan perawatan," kata Retno di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (21/8/2021).

Baca juga: Tiba di Jakarta, WNI dari Afghanistan Akan Jalani Karantina

Menurut Retno, baik WNI maupun WNA yang telah dievakuasi serta tim evakuasi akan menjalani karantina sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) Covid-19. "Seluruh evacuees dan tim evakuasi akan langsung menjalani protokol kesehatan, sesuai dengan aturan ketibaan dari luar negeri," katanya.

Diketahui, saat awak pesawat satu per satu turun, mereka terlihat mengenakan masker dan membawa bagasi masing-masing. Nampak ada seorang awak pesawat yang menenteng tabung oksigen saat turun pesawat dan dibantu oleh petugas.

Baca juga: Dramatis, Detik demi Detik Proses Evakuasi WNI dari Afghanistan
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)