Kepala BNPB: Terpapar Virus COVID-19 Bukan Aib

Jum'at, 20 Agustus 2021 - 15:01 WIB
loading...
Kepala BNPB: Terpapar Virus COVID-19 Bukan Aib
Kepala BNPB, Ganip Warsito melakukan kunjungan pada salah satu fasilitas isolasi terpusat (isoter) yang berlokasi di Wisma Bima, Denpasar, Bali, pada Jumat (20/8/2021). Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito melakukan kunjungan pada salah satu fasilitas isolasi terpusat (isoter) yang berlokasi di Wisma Bima, Denpasar, Bali, pada Jumat (20/8/2021). Isoter yang berkapasitas 65 tempat tidur masih merawat 42 warga.

Saat meninjau fasilitas isoter, Ganip menyempatkan untuk menyapa dan menyemangati satu keluarga yang menderita COVID-19. Dia menanyakan kondisi seorang ibu yang melakukan isolasi bersama dengan anggota keluarganya di wisma tersebut.

Setelah mengetahui ibu tersebut melakukan isolasi bersama dengan anggota keluarga yang lain, Ganip pun menghibur dengan bercanda. “Tidak apa-apa Bu, sementara mengontrak dulu.”

“Sehat, sehat, cepat sehat bu!” imbuh Ganip yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nasional, dalam keterangan yang diterima Jumat (20/8/2021.

Ganip mengatakan bahwa COVID-19 bukan aib. Dirinya pun pernah terpapar virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 dan telah pulih. Ia menyebut mereka yang pernah terinfeksi ini sebagai ‘alumni,’ canda Ganip.

Ganip berpesan kepada masyarakat, apabila telah terpapar COVID-19 segera melapor kepada petugas setempat. Mereka yang telah melapor dapat segera termonitor oleh petugas kesehatan sehingga cepat tertangani sejak dini.

“Warga yang tidak dapat melakukan isolasi mandiri, saya sarankan untuk segera menuju ke fasilitas isolasi terpusat bagi yang OTG atau bergejala ringan,” tuturnya.

Hal tersebut bertujuan supaya warga dapat terobati dan pulih secara cepat serta tidak menimbulkan penyebaran baru di dalam keluarga atau masyarakat sekitar.

Data Wisma Bima per hari ini, Jumat (20/8), warga yang telah memanfaatkan fasilitas dan sembuh berjumlah 93 orang. Sedangkan masih melakukan isolasi, total warga berjumlah 42 orang. Wisma Bima

Kepala BNPB juga menyempatkan diri untuk meninjau isoter Prime Biz yang berada di kawasan Kuta. Fasilitas isoter ini memiliki 130 kamar dengan 199 tempat tidur. Warga yang sedang dirawat berjumlah 193 orang, sedangkan mereka yang telah sembuh dan menggunakan fasilitas ini sebanyak 388 orang.

Pada setiap kunjungan Ganip tak lupa untuk menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para petugas kesehatan yang telah membantu masyarakat dalam penanganan medis COVID-19.

Dia juga menyampaikan penghargaan atas upaya kerja keras pemerintah daerah dan mitra terkait lainnya dalam pengendalian penyebaran virus di wilayah Bali. Ganip juga berharap Bali dapat segera pulih dengan semangat 'Bali Bangkit' dan 'Bali Kembali.'
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2896 seconds (0.1#10.140)