BPJAMSOSTEK Dukung Kemnaker Gelar Vaksinasi Bersama untuk PMI

Kamis, 19 Agustus 2021 - 20:55 WIB
loading...
BPJAMSOSTEK Dukung Kemnaker Gelar Vaksinasi Bersama untuk PMI
BPJAMSOSTEK bersama Kemnaker memberi dukungan untuk 2.000 vaksin kepada para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), Calon Pemagang Luar Negeri dan Pekerja Peserta BPJAMSOSTEK.
A A A
JAKARTA - Hampir setiap pekan pelaksanaan kegiatan "Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK" digelar di berbagai kota sebagai bentuk dukungan pada program pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19. Kali ini, bersama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memberi dukungan untuk 2.000 vaksin kepada para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI), Calon Pemagang Luar Negeri dan Pekerja Peserta BPJAMSOSTEK.

Hadir meninjau kegiatan tersebut Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah, Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin dan Direktur Pelayanan BPJAMSOSTEK Roswita Nilakurnia.

Dalam sambutannya, Ida mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang merupakan hasil kolaborasi antar stakeholder di antaranya BPJAMSOSTEK. Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna mengejar target pemerintah yaitu pemberian 2 juta dosis vaksin per hari. Terlebih peserta vaksin kali ini merupakan kelompok pekerja yang memiliki risiko tinggi, karena mereka akan melakukan perjalanan antar negara untuk melakukan pemagangan atau bekerja.

Kegiatan yang dilaksanakan dari hari Rabu (18/8) di Kantor Kemnaker, Jakarta, merupakan rangkaian program "Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK" yang secara nasional diinisiasi untuk berkontribusi langsung pada program pengentasan Covid-19 yang dicanangkan pemerintah. Hingga saat ini, terhitung sebanyak 7 lokasi sudah BPJAMSOSTEK melakukan kegiatan serupa di berbagai wilayah seluruh Indonesia.

BPJAMSOSTEK telah menyediakan 2000 dosis vaksin dengan merk AstraZeneca yang disiapkan untuk dua tahap ini diberikan kepada para CPMI dalam dua hari dan untuk tahap pertama akan berakhir pada hari ini, Kamis (19/8). CPMI merupakan salah satu sektor pekerja yang sangat terdampak akibat kondisi pandemi, hal ini yang mendasari pemberian vaksinasi ini bagi para CPMI yang sampai saat ini belum bisa diberangkatkan. Untuk pemberian dosis kedua nantinya akan diselenggarakan di tempat yang sama pada tanggal 18-19 November 2021.

Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin mengatakan, sesuai dengan porsinya, sudah seyogyanya BPJAMSOSTEK mendukung pemberian vaksinasi kepada para pekerja, dan salah satu sektor pekerja yang saat ini dilakukan adalah PMI.

"Sudah dua kali ini kami melakukan kegiatan Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK, bahkan di waktu yang sama di tempat terpisah, kegiatan vaksinasi juga sedang berlangsung untuk tahap kedua di stasiun MRT Blok A, Jakarta, selama tiga hari ke depan,"katanya.

Vaksinasi ini merupakan hal yang sangat penting bagi pekerja untuk mendapatkan perlindungan diri terhadap kemungkinan terpapar dari Covid-19, tapi bukan berarti tidak bisa terpapar. Setidaknya jika sudah divaksinasi pekerja sudah memiliki kekebalan yang dapat membantu meringankan gejala yang diderita, atau bahkan tidak ada gejala sama sekali, serta meminimalisir potensi terjadinya kejadian yang fatal.

Menurutnya, kegiatan Vaksinasi Bersama BPJAMSOSTEK tidak melulu dilakukan untuk pekerja saja, tapi terbuka untuk umum. “Sudah menjadi komitmen bagi kami untuk terus mendukung program pemerintah dalam vaksinasi ini,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa, BPJAMSOSTEK akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak agar kegiatan vaksinasi ini terus berjalan di seluruh Indonesia. “Ini sudah yang ke tujuh kalinya dan akan terus kami laksanakan di beberapa tempat. Misalnya akhir bulan ini kami juga merencanakan vaksinasi bagi para pekerja di konstruksi, serta pekerja UMKM yang ada di Jambi,” kata Zainudin.

“Tujuan kita membantu program pemerintah dalam pengentasan Covid-19, dengan percepatan herd immunity atau kekebalan komunal seiring dengan kembalinya produktivitas pekerja,” ujarnya lebih lanjut.

Sedikitnya 46.000 dosis vaksin telah diberikan kepada masyarakat pekerja di Jakarta, Tangerang, Bandung, Karawang, Denpasar dan juga di Madura.

“Kami siap berkontribusi mendukung niat baik pemerintah untuk menggalakkan vaksin dalam rangka menuju herd immunity, serta khususnya bagi CPMI dan calon magang di luar negeri semoga dengan adanya kegiatan vaksin ini dapat memperlancar proses untuk bekerja ke luar negeri,” ucapnya. CM
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2529 seconds (0.1#10.140)