Megawati Soekarnoputri: Rasa Kemerdekaan Bukan Hanya Seremonial, tapi Harus Didalami

Selasa, 17 Agustus 2021 - 12:04 WIB
loading...
Megawati Soekarnoputri: Rasa Kemerdekaan Bukan Hanya Seremonial, tapi Harus Didalami
Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri. Tangkapan layar TouTube Sekretariat Presiden
A A A
JAKARTA - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri memberikan pesan khusus di acara Peringatan HUT ke-76 RI . Megawati berharap rasa kemerdekaan itu benar-benar bisa diartikan mendalam dalam sebuah cita-cita bangsa ke depannya.

Megawati mengatakan, sebenarnya yang paling penting oleh bangsa Indonesia saat ini adalah untuk tidak pernah meninggalkan sejarah. Khususnya, sejarah bagaimana Indonesia ini bisa merdeka.

"Jadi menurut saya ini, terutama untuk anak-anak muda proklamasi ke-76 ini, rasa kemerdekaan itu memang bukan hanya seremonial saja, tapi harus didalami, di dalam sebuah cita-cita ke depan bahwa begitu besar pengorbanan kita," kata Megawati dalam testimoninya di Acara Peringatan HUT ke-76 RI yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (17/8/2021).

Ketua Umum DPP PDIP itu menyebut, merdeka itu sebetulnya karena bangsa Indonesia menginginkan mandiri. Oleh karenanya, untuk mewujudkan cita-cita kemerdekaan, ia mengajak pemuda-pemuda Indonesia menatap masa depan dengan penuh gagah berani serta kecerdasan untuk bisa membangun negeri ini dengan kekayaan yang belum dikelola dengan baik untuk menghasilkan sesuatu.



Apabila semangat ini terus digelorakan, Megawati meyakini bukan tidak mungkin bangsa Indonesia akan mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Artinya, Indonesia sebagai bangsa besar tidak perlu menjadi sebuah bangsa yang bergantungan dengan negara lain.

"Dan semangat itu harus seperti api yang tak kunjung padam. Kita jangan terlena, kita baru berumur 76 tahun, kita inginnya ribuan tahun berdiri. Itu makna yang ingin saya sampaikan dalam rangka 76 tahun kemerdekaan kita. Sekali lagi, penuh semangat, gotong royong, bangunlah jiwanya bangunlah badannya, merdeka," ujar dia.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2518 seconds (0.1#10.140)