Enam Helikopter TNI AU akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Atas Istana

Selasa, 17 Agustus 2021 - 06:33 WIB
loading...
Enam Helikopter TNI AU akan Kibarkan Bendera Merah Putih Raksasa di Atas Istana
Enam helikopter TNI AU akan mengibarkan bendera raksasa pada saat upacara Kemerdekaan RI di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/8/2021). Foto/Dispenau
A A A
JAKARTA - Sebanyak 14 Alutsista terdiri dari delapan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan enam helikopter TNI Angkatan Udara (AU) akan memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 RI pada saat upacara di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/8/2021).

Delapan pesawat tempur itu nantinya akan melakukan manuver misi penerbangan flypast dengan formasi Arrow Head pada ketinggian 1.000 kaki dan melaksanakan bomb burst tepat di atas langit Istana. Misi yang diberi nama Garuda Flight ini akan dipimpin oleh Letkol Pnp Agus Dwi Aryanto yang kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi.

"Diharapkan membangkitkan jiwa Nasionalisme dan semangat juang seluruh komponen bangsa dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang sedang melanda bangsa Indonesia saat ini," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangannya dikutip Selasa (17/8/2021).

Sementara itu, enam helikopter akan mempersembahkan momen bersejarah yang baru pertama kali dilakukan. Adapun momen tersebut yakni dengan mengibarkan bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih dengan di atas Istana Merdeka nantinya. Besaran bendera mencapai 20x30 meter. "Pengibaran bendera raksasa ukuran 20×30 meter, merupakan momen bersejarah, karena untuk pertama kalinya bendera raksasa yang berwarna Merah-Putih dikibarkan oleh helikopter TNI AU,” ungkapnya.

Misi pesawat helikopter itu pun diberi nama Nusantara Flight yang dipimpin oleh Letkol Pnb Akhmad Mauludin. Nantinya, keenam helikopter itu akan mengibarkan bendera raksasa Merah-Putih pada ketinggian 1.000 kaki dengan metode Sling Load Operation.

Keenam helikopter itu terdiri dari satu unit helikopter jenis EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 dan tiga helikopter NAS-332 Super Puma dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Sendjaja, serta dua helikopter NAS-332 L1 Super Puma dari Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma. Riezky Maulana
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2716 seconds (0.1#10.140)