Sandiaga Ungkap Sejumlah Peluang untuk Bangkit di Tengah Pandemi

Senin, 16 Agustus 2021 - 08:49 WIB
loading...
Sandiaga Ungkap Sejumlah Peluang untuk Bangkit di Tengah Pandemi
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkap pandemi yang berlangsung 1,5 tahun di Indonesia, menimbulkan keprihatinan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkap pandemi yang berlangsung lebih dari 1,5 tahun di Indonesia menimbulkan keprihatinan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Sandiaga
Baca juga: Sandiaga Promosikan Layanan Vaksinasi di Pantai Ikonik Jakarta

Menurutnya, kedua hal ini umumnya tampak pada anak muda, termasuk para creativepreneur. "Jadi dua semangat ini yang membuat anak-anak muda kita bisa survive di tengah pandemi dan tantangan ekonomi," kata Sandiaga dalam keterangannya, Senin (16/8/2021).

"Karena mereka cepat sekali pivot. Sebagai orang kreatif, kan creativepreneur itu ada dua kata. Pertama creativity, jadi walaupun ada pembatasan dari segi fisik dan kegiatan, tapi imajinasi enggak pernah bisa dibatasi," tambahnya.

Yang kedua kata Sandiaga entrepreneur, who are these entrepreneur? Mereka ini punya 3 orientasi dasar, inovatif, risk taking berani ambil risiko, dan selalu bergerak (proaktif). Walaupun dalam ruang digital, tidak berhenti bergerak.

"Mereka tidak mau menerima satu situasi tanpa ada upaya untuk meningkatkan nilai tambah. Begitu kita gabungkan creativepreneur, boom! Then you see explosion of ideas," ucapnya.

Sandiaga mengatakan, dirinya melihat ide-ide gila dari para creativepreneur yang justru muncul di masa pandemi. Menurutnya, para creativepreneur inilah yang menjadi pemenang sesungguhnya karena bisa bertahan di tengah pandemi.

"Kuncinya, gimana anak-anak muda yang sudah masuk ke dalam kuadran creativepreneur ini mengajak dan menjadi lokomotif agar transformasi dari mayoritas yang belum masuk ke pemikiran mindset creativepreneur ini bisa dilakukan dan dipercepat dengan terobosan-terobosan," terangnya.

Sandiaga berharap, agar Pemerintah bisa memberikan fasilitasi dan insentif supaya lebih banyak lagi anak muda Indonesia yang bisa menjadi creativepreneur. Dalam kesempatan ini, ia pun membagikan kunci untuk anak muda terutama creativepreneur agar bisa selalu terbuka pada peluang dan inovasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1204 seconds (0.1#10.140)