Jokowi: Pemerintah Kerahkan Seluruh Sumber Daya demi Amankan Vaksin

Senin, 16 Agustus 2021 - 10:12 WIB
loading...
Jokowi: Pemerintah Kerahkan Seluruh Sumber Daya demi Amankan Vaksin
Presiden Jokowi menegaskan bahwa perang melawan Covid-19 tak akan berhasil tanpa akses terhadap vaksin. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi menegaskan pemerintah bekerja keras mengerahkan sumber daya demi mengamankan pasokan vaksin nasional atau dalam negeri. Namun pada saat yang sama Indonesia juga memperjuangkan keseteraan akses vaksin untuk semua bangsa.

"Pemerintah bekerja keras mengerahkan semua sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional. Namun, pada saat yang sama, Indonesia juga terus memperjuangkan kesetaraan akses terhadap vaksin untuk semua bangsa," ujar Jokowi saat berpidato di Sidang Tahunan MPR, Senin (16/8/2021).

Menurut Jokowi, perang melawan Covid-19 tidak akan berhasil jika ketidakadilan akses terhadap vaksin masih terjadi. Melalui diplomasi vaksin ini pemerintah Indonesia telah menunjukkan kepada dunia telah berperan aktif untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.



Di sisi lain, Jokowi berujar walaupun sangat berkonsentrasi dalam menangani permasalahan kesehatan, tetapi perhatian terhadap agenda-agenda besar menuju Indonesia Maju tidak berkurang sedikit pun.

"Pengembangan SDM berkualitas tetap menjadi prioritas. Penyelesaian pembangunan infrastruktur yang memurahkan logistik, untuk membangun dari pinggiran dan mempersatukan Indonesia, terus diupayakan," tuturnya.

Selain itu, reformasi struktural dalam rangka memperkuat pembangunan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tetap menjadi agenda utama.

"Pandemi telah mengajarkan kepada kita untuk mencari titik keseimbangan antara gas dan rem, keseimbangan antara kepentingan kesehatan dan perekonomian," ucapnya.

Dalam mengambil keputusan, pemerintah harus terus merujuk kepada data, serta kepada ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru. Pemerintah harus selalu tanggap terhadap perubahan keadaan, dari hari ke hari secara cermat.

"Tujuan dan arah kebijakan tetap dipegang secara konsisten, tetapi strategi dan manajemen lapangan harus dinamis menyesuaikan permasalahan dan tantangan," pungkas Jokowi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1124 seconds (0.1#10.140)