Jalin Kerja Sama, VIA-LOKANIMA Luncurkan Gerakan Nasional 'Semarak Animasi Lokal'

Minggu, 15 Agustus 2021 - 23:47 WIB
loading...
Jalin Kerja Sama, VIA-LOKANIMA Luncurkan Gerakan Nasional Semarak Animasi Lokal
VIA-LOKANIMA menandatangani komitmen kerja sama dan peluncuran National Pride Campaign Semarak Animasi Lokal pada Jumat (13/8/2021) lalu.FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - VIA-LOKANIMA resmi menjalin kerja sama mengembangkan industri konten kreatif di Indonesia. Hal ini ditandai dengan penandatangan komitmen dan peluncuran National Pride Campaign "Semarak Animasi Lokal pada Jumat (13/8/2021) lalu.

Untuk diketahui, VIA (PT Digi Bintang Sinergi) merupakan perusahaan fokus pada pengembangan bisnis konten dan bercita-cita menjadi rumah bagi para content creator dan komunitas. Sementara LOKANIMA (PT Lokanima Kreatif Nusantara) adalah anak perusahaan dari BUPP KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) Singhasari di Malang.

Kolaborasi kedua perusahaan ini ditujukan untuk pengembangan industri film, Animation Factory & Digital Technology. Juga membangun wadah bagi para insan kreatif Indonesia untuk bertumbuh dalam ekosistem bisnis yang mendukung proses pengembangan industri animasi dan film karya anak negeri.

Baca juga: Anak Sumur Batu Bekasi Antusias Ikuti Kegiatan Mewarnai Animasi Kiko

"Ini akan menjadikan VIA-LOKANIMA sebagai rumah bagi para hyperlocal content creators serta mendukung penuh kemajuan industri konten lokal," kata CEO PT Digi Bintang Sinergi (VIA), Ahmad Zulfikar dalam keterangan tertulisnya yang diterima Minggu (15/8/2021).

Sebagai salah satu wujud nyata dari cita-cita tersebut, kata Zulfikar, dalam rangka 76 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, VIA-LOKANIMA melahirkan Gerakan Kebanggaan Nasional 'Semarak Animasi Lokal'. Kampanye ini bertujuan untuk mengangkat produk animasi anak bangsa menjadi "local hero" di negeri sendiri dan membuat sebuah katalog konten animasi anak bangsa yang diakui dunia.

"Ini sejalan dengan program pemerintah yang ingin mendorong industri kreatif di Indonesia, salah satunya film dan animasi. Sebagai salah sektor yang mampu bertahan di tengah situasi Covid-19 dan penurunan ekonomi saat ini, maka sektor film dan animasi diyakini juga akan menjadi salah satu motor yang mampu memberikan kontribusi untuk pertumbuhan ekonomi nasional secara signifikan ke depannya," katanya.

Baca juga: Mau Tontonan Kocak dan Berisi? Ini 6 Serial Animasi Terbaik untuk Penonton Dewasa

Saat ini VIA-LOKANIMA sudah langsung membuat beberapa series animasi yang segera akan dipasarkan di pasar lokal maupun internasional. Sudah ada 6 judul serial animasi yang sedang dalam persiapan produksi, di mana 3 judul telah dibeli ekslusif oleh PT Telkom Indonesia melalui unit usaha Indihome pada Juli lalu.

"Ketiga animasi tersebut adalah Kukurockyou, Blab Blib Blub Bleb Blob, dan Roh Garuda. Ini suatu kebanggaan luar biasa untuk VIA-LOKANIMA, sekaligus menjadi harapan besar bagi industri animasi Indonesia untuk bisa berkembang dan mendapat tempat yang layak di negeri sendiri," kata Zulfikar.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)