BKMG Peringatkan 27 Wilayah Ini Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan

Minggu, 15 Agustus 2021 - 19:51 WIB
loading...
BKMG Peringatkan 27 Wilayah Ini Waspada Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan
Awan tebal menyelimuti langit pesisir Makassar, Rabu (26/12/2018). BMKG mengeluarkan pengumuman potensi cuaca ekstrem di 27 wilayah dalam seminggu ke depan. Foto/DOK.SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
JAKARTA - BMKG mengeluarkanperingatanpotensi cuaca ekstrem di 27 wilayah dalam seminggu ke depan. Warga di daerah itu pun diminta waspada.

"Berdasarkan hasil analisis dan prediksi dinamika gelombang atmosfer terkini, BMKG mengidentifikasi adanya peningkatan aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) dan gelombang Rossby Ekuatorial," tulis pengumuman itu seperti dikutip SINDOnews dari Instagram @infobmkg, Minggu (14/8/2021).

Dijelaskan, MJO dan Gelombang Rossby Ekuatorial adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah yang dilewatinya.

Baca juga: Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi, Nelayan Pacitan Tak Berani Melaut

"Fenomena MJO bergerak dari arah Samudera Hindia ke arah Samudera Pasifik melewati wilayah Indonesia dengan siklus 30-40 hari. Sedangkan Fenomena Gelombang Rossby bergerak dari arah Samudera Pasifik ke arah Samudera Hindia dengan melewati wilayah Indonesia," tulis BMKG.

Sama halnya seperti MJO, ketika Gelombang Rossby aktif di wilayah Indonesia, maka dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia.

"Selain itu, BMKG juga mengamati adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang diperairan barat Sumatera Barat dan dari Riau hingga Sumatra Utara yang dapat berkontribusi pada peningkatan pertumbuhan awan hujan," kata BMKG itu.

Baca juga: Cuaca Ekstrem Mengancam, Masyarakat Natuna Diminta Waspada

Adanya kondisi-kondisi dinamika atmosfer tersebut berpotensi meningkatkan pertumbuhan awan hujan, pada periode satu minggu ke depan di beberapa wilayah Indonesia, mulai 15-20 Agustus 2021. Berikut wilayah yang terdampak:

1. Aceh
2. Sumatra Utara
3. Riau
4. Kep. Riau
5. Sumatra Barat
6. Jambi
7. Bengkulu
8. Sumatra Selatan
9. Kep. Bangka Belitung
10. Banten
11. Jawa Barat
12. Jawa Tengah
13. Kalimantan Barat
14. Kalimantan Tengah
15. Kalimantan Timur
16. Kalimantan Utara
17. Kalimantan Selatan
18. Sulawesi Utara
19. Gorontalo
20. Sulawesi Tengah
21. Sulawesi Barat
22. Sulawesi Selatan
23. Sulawesi Tenggara
24. Maluku Utara
25. Maluku
26. Papua Barat
27. Papua
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1814 seconds (0.1#10.140)