Jokowi Minta Harga Tes PCR Diturunkan hingga Rp450.000, PPP Nilai Masih Mahal

Minggu, 15 Agustus 2021 - 16:08 WIB
loading...
Jokowi Minta Harga Tes PCR Diturunkan hingga Rp450.000, PPP Nilai Masih Mahal
Sekretaris Fraksi PPP di DPR RI, Achmad Baidowi menyambut baik instruksi Presiden Jokowi terkait penurunan harga PCR test hingga Rp450.000. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di DPR RI, Achmad Baidowi menyambut baik instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penurunan harga tes PCR hingga Rp450.000. Namun, ia menilai harga tersebut masih terbilang tinggi bagi masyarakat.

"Instruksi tersebut patut kami apresiasi, tapi meskipun harganya turum 50% tapi masih tinggi dibandingkan negara-negara lain," kata pria yang akrab disapa Awiek kepada wartawan, Minggu (15/8/2021).

Anggota Komisi VI DPR itu mencontohkan negara yang sudah menerapkan harga tes PCR yang murah. Misalnya, kata dia, di Uzbekistan. Harga PCR di sana bisa menyentuh Rp350.000. "Itu pun yang 6 jam. Kalau yang 24 jam lebih murah," ujarnya.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Harga Tes PCR Diturunkan

Selain masalah harga, Awiek menyarankan untuk mempercepat diketahuinya hasil PCR maksimal 1x24 jam, maka pemerintah wajib meningkatkan infrastruktur kesehatan. Sebab, tidak semua rumah sakit memiliki laboratorium pengujian sampel.

"Contoh, saya PCR di salah satu RS BUMN di kabupaten, namun hasilnya masih menunggu 2-3 hari karena uji lab-nya dilakukan di kota. Ini masih di Pulau Jawa, bagaimana kondisi di luar Jawa," ujarnya.

Wakil ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR itu juga meminta untuk mempercepat upaya tracking, pemerintah perlu melakukan edukasi bagi masyarakat tentang pentingnya PCR. Sebab, sejauh ini masyarakat merasa takut kalau di PCR, hal itu akibat minimnya edukasi.

Baca juga: Tes PCR di India Lebih Murah, Eks Direktur WHO Asia Tenggara Sarankan Dianalisa

Diberitakan sebelumnya, berbagai pihak menilai harga tes PCR Covid-19 masih begitu tinggi. Pada umumnya harga tes PCR dipatok Rp900.000.

Jika ingin hasil yang lebih cepat maka biayanya akan lebih mahal. Terkait hal ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar harga tes PCR diturunkan.

"Salah satu cara untuk memperbanyak testing adalah menurunkan harga tes PCR," katanya dalam keterangan persnya, Minggu (15/8/2021).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2088 seconds (0.1#10.140)