Cak Imin Sebut Faktor Ini Menentukan Masa Depan Indonesia

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 19:02 WIB
loading...
Cak Imin Sebut Faktor Ini Menentukan Masa Depan Indonesia
Wakil Ketua DPR Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengatakan, perkembangan teknologi informasi yang kian cepat, banyak sekali tantangan yang dihadapi. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar ( Cak Imin ) mengatakan di era perkembangan teknologi informasi yang kian cepat banyak sekali tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia, utamanya berasal dari berbagai macam platform media sosial.

Baca Juga: Cak Imin
Baca juga: Kritik Penanganan Pandemi, Cak Imin: Vaksinasi Gagal Kalau Pemerintah One Man Show

Cak imin melanjutkan, pemerintah memiliki tanggung jawab yang besar dalam penyediaan jaringan internet yang berkualitas sehingga masyarakat Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain.

"Saya berterima kasih pemerintah yang terus menyediakan infrastruktur untuk meningkatkan jaringan, kualitas dan mutu network internet kita, yang masih belum optimal sepenuhnya kualitas internet kita dan itu tugas pemerintah," kata Cak Imin.

Cak Imin mengingatkan, saat ini internet telah menjadi kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu kemampuan negara dalam menyediakan jaringan internet dan dibarengi dengan kemampuan masyarakat Indonesia yang pemanfaatan internet akan mempengaruhi masa depan bangsa Indonesia.

"Semaksimal mungkin internet kita harus melebihi negara-negara lain karena kualitas jaringan internet akan menentukan masa depan negara kita. kemampuan kita menyediakan sarana internet akan menentukan kecerdasan kita," jelas Cak Imin.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menambahkan DPR akan mendorong pemerintah agar terus memperbaiki kualitas internet negara Indonesia agar lebih baik dan mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas internet yang terjangkau.

"Kebutuhan interntet ini mutlak, selain kualitas network tapi juga dibutuhkan harga yang murah dan harga yang terjangkau yang dibutuhkan masyarakat, DPR akan terus mendorong pemerintah untuk menuju jaringan yang berkualitas yang murah dan terjangkau. Karena untuk mengejar keceradasan, mengejar ketertinggalan kita salah satunya adalah dengan teknologi informasi," tandasnya

Sementara itu, Dosen Universitas Esa Unggul, Gun Gun Siswadi menyatakan salah satu prasyarat yang harus dipenuhi agar Indonesia menjadi negara yang maju di era internet seperti saat ini yaitu Masyarakat perlu memiliki kemampuan literasi digital yang mempuni.

"Pemerintah saat ini telah berupaya untuk menyediakan akses internet yang berkualitas, tapi hal tersebut juga harus dibarengi dengan kemampuan literasi digital masyarakat," kata pria yang akrab di sapa Gun Gun

Sehingga masyarakat kata dia, mengetahui kegunaan dari internet seperti Internet sebagai sumber informasi yang mempermudah atau mempercepat pekerjaan, Menambah pergaulan melalui jejaring sosial, dapat digunakan untuk bisnis online.

"Membentuk kelompok diskusi, Sebagai sumber belajar tambahan, Sarana pencari beasiswa dan loker, Sarana pemasaran atau promosi, Mendorong semakin mandiri, Sebagai media hiburan dan lain sebagainya," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1876 seconds (0.1#10.140)