Pembayaran Fasilitas Hotel Isolasi Nakes Menunggak, Ini Kata Jubir Satgas

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 09:12 WIB
loading...
Pembayaran Fasilitas Hotel Isolasi Nakes Menunggak, Ini Kata Jubir Satgas
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menegaskan bahwa BNPB berkomitmen akan melunasi tunggakan pembayaran hotel isolasi itu. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Tunggakan pembayaran hotel untuk program Emergency Response (Tanggap Bencana) terkait pandemi COVID-19 yakni penyediaan tempat bagi pasien orang tanpa gejala (OTG) dan tenaga kesehatan (Nakes) COVID-19 menjadi polemik.

Diketahui, program ini telah berjalan dari bulan Agustus 2020 hingga Juni 2021. Program ini sendiri dikomandoi oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sebagai Pelaksana Program Penanggulangan COVID-19, dengan menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) yang disediakan Kementerian Keuangan dan dikelola oleh BNPB bila terjadi keadaan darurat bencana nasional dalam hal ini darurat COVID-19.

Namun, dalam periode program dari 21 Desember hingga 07 Juni 2021 terdapat permasalahan yakni macetnya pembayaran hotel-hotel penyelenggara isolasi mandiri bagi OTG dan Nakes COVID-19.

Bahkan, menurut data yang dihimpun Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), terdapat 24 hotel di Jakarta yang tidak mendapatkan bayaran utuh dengan hanya membayar hotel sekitar 30% dari tagihan yang diajukan hotel atau sekitar Rp60 miliar dan hingga saat ini total tagihan yang belum dibayarkan ke hotel-hotel lebih dari Rp164 miliar.

Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito dalam Konferensi Pers, Kamis 17 Juni 2021 lalu menegaskan bahwa pemerintah dalam hal ini BNPB akan segera menyelesaikan pembayaran tunggakan hotel yang digunakan untuk isolasi mandiri.

Bahkan, kata Wiku pada saat itu, BNPB dengan Kementerian Keuangan telah membahas terkait tunggakan pembayaran fasilitas isolasi di hotel untuk nakes tersebut. “Saat ini BNPB dengan Kementerian Keuangan telah membahas terkait pembayaran fasilitas isolasi tersebut di hotel-hotel,” kata Wiku secara virtual di YouTube BNPB, dikutip Jumat (13/8/2021).

Wiku pun menegaskan bahwa BNPB berkomitmen akan melunasi tunggakan pembayaran hotel isolasi itu. “BNPB berkomitmen dan akan terus berupaya untuk melunasi tunggakan kepada hotel-hotel yang menyediakan layanan isolasi Mandiri sesegera Mungkin setelah alokasi dana tersedia,” tegasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2078 seconds (0.1#10.140)