Anies Butuh Cawapres yang Mengerti Masalah Keamanan

Kamis, 12 Agustus 2021 - 09:48 WIB
loading...
Anies Butuh Cawapres yang Mengerti Masalah Keamanan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto/Dok MPI/Aldhi Chandra
A A A
JAKARTA - Kerap berada di papan atas survei, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpeluang besar diusung menjadi calon presiden (capres) pada Pilpres 2024 . Sosok calon wakil presiden ( cawapres ) yang dibutuhkan untuk mendampingi Anies adalah orang yang mengerti masalah keamanan.

Penilaian tersebut disampaikan pengamat politik dari Universitas Nasional (Unas) Robi Nurhadi. Menurutnya, cawapres yang dibutuhkan Anies adalah orang yang dianggap menjadi pelengkap penting untuk menghadapi paket lawan yang mengancam pada satu hal atau dianggap kuat pada hal lain.

"Dugaan saya adalah dari posisi lawan mengedepankan profil militer. Jadi, kemungkinan Anies butuh sosok yang mengerti masalah keamanan, bisa sipil dan militer aktif atau purnawirawan," ujar Robi kepada SINDOnews, Rabu (11/8/2021) malam.

Robi juga mengatakan, tak sulit bagi Anies untuk mendapatkan tiket capres 2024. Sebab, menurutnya Anies adalah seperti fenomena Jokowi waktu awal dicapreskan pada 2014. "Orang yang tidak punya partai tapi kemudian punya dukungan publik untuk jadi capres. Fenomena itu ada di Anies," katanya.



Bahkan, kata dia, kalau dibandingkan antara Anies dan Jokowi, Anies punya nilai lebih. Dia mengatakan, Indonesia beruntung dengan kemunculan fenomena Anies yang punya dukungan kuat publik untuk menjadi capres. Menurutnya, Anies adalah sosok yang aware terhadap persoalan internasional. Selain itu, Anies punya narasi dan kemampuan konsepsinya juga bagus.

"Sisi personal leadership-nya juga bagus, dilihat dari bagaimana Anies menghadapi tekanan dari para pengkritik."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1779 seconds (0.1#10.140)