Ketua MPR Tegaskan Vaksinasi Jadi Kunci Atasi Pandemi

Selasa, 10 Agustus 2021 - 16:23 WIB
loading...
Ketua MPR Tegaskan Vaksinasi Jadi Kunci Atasi Pandemi
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan tentang negara Singapura yang memutuskan untuk berdamai dengan pandemi dengan jalan vaksinasi warganya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkapkan, tentang negara Singapura yang memutuskan untuk berdamai dengan pandemi virus Corona (Covid-19) dengan jalan vaksinasi warganya.

Baca Juga: vaksinasi
Baca juga: Berkat Vaksinasi dan PPKM, RS Lapangan Tembak Nol Pasien Covid-19

Bamsoet yang juga politikus Partai Golkar ini mengatakan, dengan kondisi tersebut menunjukkan bahwa kunci keluar dari pandemi adalah vaksinasi.

"Dan rahasisa sukses percepatan vaksinasi Covid-19 yang dilakukan pemerintah Kabupaten Klungkung adalah dengan cara melibatkan berbagai unsur seperti kalangan tokoh masyarakat serta TNI-Polri. Saya sangat apresiasi taktik Bupati Suwirta dan strategi ini wajib ditiru oleh daerah lainnya," ucap Bamsoet.

"Secara nasional, Bali berada di peringkat kedua sebagai provinsi dengan persentase pemberian vaksinasi terbesar di Indonesia. Peringkat pertama ditempati DKI Jakarta," tambah Bamsoet usai meninjau vaksinasi di UPTD Puskesmas Banjarangkan II Klungkung dan Dusun Mertasari Banjarangkan Klungkung Bali.

Sementara Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta yang turut mendampingi Ketua MPR RI menambahkan, pihaknya menjamin untuk Kabupaten Klungkung ketersediaan stok vaksin masih mencukupi.

"Di kecamatan Nusa Penida sendiri vaksin tahap pertama telah mencapai 82% dan vaksin tahap ke 2 sudah mencapai 35%, saya targetkan 100% warga Nusa Penida sudah vaksin dosis ke 2 pada akhir September," papar Bupati Suwirta, Selasa (10/8/2021).

Percepatan vaksinasi sangat membantu pemulihan ekonomi Klungkung yang tergantung pada sektor pariwisata. Cakupan vaksinasi Kabupaten Klungkung untuk tahap pertama sudah mencapai 96% sedangkan vaksinasi tahap ke 2 baru mencapai 28%.

Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat, pertumbuhan ekonomi daerah itu pada triwulan II 2021 mengalami tren positif, naik sebesar 2,83 persen dari angka di triwulan sebelumnya yang hanya -9,82 persen.

"Berbagai kalangan sangat merindukan berkunjung ke Klungkung khususnya Nusa Penida. Seiring dengan semakin banyaknya penduduk Indonesia yang sudah divaksin, memberi harapan cerah dalam pemutusan penyebaran virus Covid-19," ujar Suwirta.

"Kita harap akhir tahun ini Indonesia mulai bisa keluar dari pandemi, dan pariwisata Bali bisa hidup kembali. Vaksinasi Kunci Mengatasi Pandemi Covid-19. Jadi ayo kita sukseskan program vaksinasi nasional," tutupnya.

Diketahui, Satgas Covid-19 Provinsi Bali mencatat, per 8 Agustus 2021 dari sekitar 4,32 juta jiwa penduduk Bali, sebanyak 3.089.213 telah memperoleh vaksin dosis ke-1 dan 1.086.268 orang dosis ke-2.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1341 seconds (0.1#10.140)