Survei KemenPAN-RB: 87% ASN Ingin Berkarir sampai Pensiun

Kamis, 05 Agustus 2021 - 13:40 WIB
loading...
Survei KemenPAN-RB: 87% ASN Ingin Berkarir sampai Pensiun
Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengatakan mayoritas ASN ingin berkarir hingga pensiun. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - KemenPANRB melakukan survei terhadap 15.000 ASN. Deputi Bidang SDM Aparatur KemenPANRB Alex Denni mengatakan dari survei tersebut ditemukan mayoritas ASN ingin berkarir hingga pensiun.

"Lebih dari 87% responden mengatakan mereka ingin berkarir menjadi ASN sampai pensiun. Ini luar biasa," katanya dalam acara Talkshow Core Values & Employer Branding ASN, Kamis (5/8/2021).

Bahkan, menurutnya, kalau pun pindah, para ASN hanya ingin ke instansi pemerintah lainnya. "Dan kalau kita lihat jika ingin pindah pun 73% merasa ingin pindah ke instansi pemerintah yang lain. Dan lebih dari 64% menyatakan itu dia memperkirakan akan tetap menjadi ASN sampai pensiun," ujarnya.

Baca juga: Kena Survei, Mayoritas ASN Pilih Jawaban 'Normatif'

Alex mengatakan, dari sisi employee engagement atau keterikatan pegawai hal ini sangatlah luar biasa. Dia mengaku tidak pernah menemui angka keterikatan yang begitu tinggi di perusahaan swasta.

"Saya kebetulan punya pengalaman beruntung di beberapa perusahaan berbeda. Sebagai konsultan juga. Hampir tidak pernah menemukan engagement yang seperti ini. Lebih dari 87% menyatakan akan berkarir sampai pensiun," katanya.

Dia mengatakan jika hal ini dibarengi dengan kinerja bagus, maka hasilnya akan luar biasa. Namun sebaliknya jika tidak berkinerja baik malah akan menjadi bumerang.

Baca juga: Umumkan 58% CASN Lolos Administrasi, Kemenag: Siapkan Tahapan Selanjutnya

"Kalau kinerjanya tidak bagus justru menjadi bumerang menjadi backfire bagi instansi pemerintah. Jadi kalau kinerjanya ga bagus, orang ga pengen pergi itu berbahaya. Ini tentu temuan yang kita sikapi secara bijak," tuturnya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)