Influencer Potensial Bantu Memutus Penyebaran Covid-19

Rabu, 04 Agustus 2021 - 20:05 WIB
loading...
Influencer Potensial Bantu Memutus Penyebaran Covid-19
Institute of Social Economic Digital (ISED) menggelar webinar dengan tema Menjaga Kewarasan di Tengah Pandemi pada Selasa (3/8/2021) malam. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang sudah lebih dari 1,5 tahun membuat hampir seluruh masyarakat jenuh. Bahkan tidak sedikit juga yang mengalami stres. Di tengah kondisi ini, masyarakat diminta tetap bisa menjaga tatanan sosial agar dapat menjalani kehidupan.

Di sisi lain, tranformasi digital juga berpengaruh dalam kehidupan bersosial. Namun imbas akses keterbukaan informasi mengenai pandemi terbuka lebar, dikhawatirkan dapat memberikan celah misinformasi (hoaks).

Berpijak dari fenomena tersebut, Institute of Social Economic Digital (ISED) menggelar webinar dengan tema 'Menjaga Kewarasan di Tengah Pandemi' pada Selasa (3/8/2021) malam. Webinar menghadirkan sejumlah narasumber yang kompeten antara lain Wakil Rektor III UIN Jakarta Arief Subhan, kemudian pendiri ISED, Sri Adiningsih dan Wirawan Jusuf.

Baca juga: Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di Jawa Timur Tunggu Sampai PPKM Level 1

Sebagai pembuka, Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila (UP) yang juga dewan pakar ISED, Silverius Y Soeharso mengatakan, Indonesia beberapa tahun yang lalu dalam buku Headspindiprediksi sejumlah ahli bahwa Indonesia akan dilanda banjir bandang ujaran kebijakan. Indonesia yang multikultural di era media sosial memiliki potensi kerawanan nasional sehingga harus terus diwaspadai terutama di era pandemi.

"Para psikolog dan sosiolog perlu menyusun grow mindset (paradigm shifting program) guna mereduksi nalar fixed mindset (denial dan menolak kenyataan), peran influencer, kaum muda, pegiat media digital, artis dll juga dirasa dapat membantu dalam penanganan Covid-19 guna mengurangi angka penularan Covid-19," katanya.

Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam B Prasojo menyampaikan pandemi disinyalir telah menyebabkan dislokasi sosial. Dislokasi dalam arti sosial yaitu kondisi seseorang yang mengalami interkasi atipikal (tidak sinkron) yang tidak dapat diselesaikan dalam jangka waktu lama, sehingga dapat menimbulkan emosi negatif (depresi). Ketika dislokasi sosial terjadi secara luas dapat mengganggu kesehatan mental.

Baca juga: Kehidupan Sosial Masyarakat Harus Dipulihkan Pasca Pandemi COVID-19

Lebih lanjut dikatakan, masih banyak masyarakat yang tidak disiplin semasa pandemi. Padahal, kata dia, protokol kesehatan sangat penting, sehingga vaksin menjadi harapan paling tidak dapat menjadikan double cover.

"Sehingga kita sekarang juga harus memperhatikan tenaga kesehatan, dokter-dokter karena nakes merupakan tulang punggung dalam penanganan covid ini. Program bangsa yang dilakukan untuk kita semua agar bisa selamat dan agar negara kita tidak dikucilkan karena negara kita merupakan negara epicentrum covid. Perlu sinergi dukungan banyak pihak seperti dukungan kalangan profesional (ahli gizi, telemedicine, konsultasi psikiater, dan pendamping kerohanian), serta dukungan komunitas," katanya.

Ketua Bidang Data & Sistem Informasi Tim Mitigasi PB IDI, Seno Purnomo menuturkan, corona ini adalah virus yang menjadikan manusia sebagai perantaranya. Manusia harus bisa menahan segala hal sebagai bentuk ikhtiar agar efektivitas dari vaksin. Menjaga prokes dapat mengurangi penyebaran agar pandemi ini segera berakhir. Sehingga perlu dilakukan berbagai langkah misalnya meningkatkan imunitas, menurunkan paparan dengan cara usaha terbaik adalah membatasi kontak, menjaga kebersihan (rajin cuci tangan) dan tentunya dengan memutus kontak antara lain memakai masker dan sarung tangan.

"Hindari melakukan 'self medication' dengan mengandalkan berita yang sumbernya tidak jelas atau dasar pertimbangannya tidak sesuai kondisi," katanya.

Dewan pakar bidang ekonomi ISED, Karuniana Dianta Sebayang menambahkan perlunya penyebaran informasi yang benar tentang upaya pencegahan virus ini melalui sosial media. Misalnya membuat gerakan sosial yang dilakukan influencer kemudian disebarluaskan melalui media sosial.

"Kita telah didukung sosial media. Kenapa kegiatan pencegahan Covid-19 ini tidak viral pada media sosial? Sehingga gerakan sosial atau mensosialisasikan gerakan-gerakan prokes melalui influencer," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)