Dampak Pandemi, Libur Tahun Baru Islam Diubah dan Cuti Natal Dihapus

loading...
Dampak Pandemi, Libur Tahun Baru Islam Diubah dan Cuti Natal Dihapus
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Dampak pandemi virus Corona (Covid-19) yang masih melanda Indonesia dengan kasus yang masih tinggi sampai saat ini, membuat pemerintah menjadwalkan ulang sejumlah hari libur nasional 2021.

Baca juga: PNS yang Cuti Berdekatan Libur Nasional Bakal Dihukum kecuali Cuti Ini

Seperti dikutip SINDOnews dari www.kemenkopmk.go.id, Rabu (4/8/2021). Pemerintah telah menetapkan pengubahan hari libur nasional dan cuti bersama 2021.

"Sesuai arahan Bapak Presiden dan hasil keputusan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri, maka perlu dilakukan tindakan terukur dan efektif untuk mengendalikan penyebaran pandemi Covid-19," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.



Baca juga: PNS Boleh Cuti Berdekatan Hari Libur Nasional Asal Penuhi Kriteria Ini

Kesepakatan ini tertulis dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 642 Tahun 2020, Nomor 4 Tahun 2020, Nomor 4 tahun 2020 Tentang Hari libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021.

Hal itu diputuskan dalam Rapat Koordinasi Tingkat Menteri Peninjauan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2021 yang dipimpin oleh Menko PMK Muhadjir Effendy, dihadiri oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah, dan Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo.

"Pemerintah memutuskan untuk mengubah dua hari libur nasional dan menghapus satu hari libur cuti bersama. Pengubahan hari libur diterapkan pada hari raya keagamaan yang tidak ada ritual ibadahnya. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya long weekend," ujar Muhadjir Effendy.

Untuk tahun 2021, libur Tahun Baru Islam 1443 Hijriah yang jatuh pada Selasa, 10 Agustus 2021 diubah menjadi Rabu 11 Agustus 2021 dan libur Maulid Nabi Muhammad SAW pada 19 Oktober 2021 diubah menjadi Rabu, 20 Oktober 2021.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top