Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Akibat Pandemi Covid-19

Selasa, 03 Agustus 2021 - 21:26 WIB
loading...
Angka Kemiskinan di Indonesia Naik Akibat Pandemi Covid-19
Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Sigit Rochadi menyebut terjadi peningkatan angka kemiskinan di Indonesia akibat pandemi Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sosiolog Universitas Nasional (Unas) Sigit Rochadi menyebut terjadi peningkatan angka kemiskinan di Indonesia akibat pandemi Covid-19 . Jika sebelum pandemi angka kemiskinan berkisar 9,5% dari jumlah penduduk Indonesia.

”Setelah pandemi saat ini jumlahnya meningkat jadi 15-17%," kata Sigit saat dihubungi MNC Portal Indoneisa, Selasa (3/8/2021).

Dia menyebut kelompok paling rentan yang terjun di bawah garis kemiskinan ialah pekerja informal. Hal itu terjadi karena pekerja informal berbeda dengan kelompok formal yang mendapat bekerja di rumah. "Banyak juga pekerja yang dipecat," jelasnya.

Jika Pandemi Covid-19 tidak segera terselesaikan akan terjadi dampak sosial di tengah masyarakat. Hal paling mencolok terjadi meningkatnya kasus kekerasan di Indonesia. "Pemerintah tekor memberikan subsidi. Kekerasan akan meningkat dan aparat polisi akan kewalahan," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2236 seconds (0.1#10.140)