Anies-AHY Berpotensi Menangi Pilpres 2024

loading...
Anies-AHY Berpotensi Menangi Pilpres 2024
Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Foto/Dok SINDOnews
JAKARTA - Duet Anies-AHY berpotensi menang Pilpres 2024 . PasanganGubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Demokrat tersebut disimulasikan Lembaga Survei Indostrategic, dan elektabilitasnya berada di atas pasangan lainnya.

"Paling tinggi Anies Baswedan-AHY 20,25 persen," kata Direktur Eksekutif Indostrategic Khoirul Umam dalam paparannya, Selasa (3/8/2021).

Sementara, di posisi kedua terdapat pasangan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Ketua DPR Puan Maharani . Elektabilitas pasangan ini sebesar 14,65 persen.

Baca juga: Survei Capres Potensial 2024: Prabowo Ditempel Ketat Anies Baswedan



Umam menjelaskan, alasan yang membuat pasangan Anies-AHY bisa menduduki posisi itu lantaran banyak dari masyarakat menginginkan hadirnya calon pemimpin baru. Meski begitu, kata dia, pasangan ini membutuhkan kerja keras karena Anies tidak punya dukungan politik yang rill.

Dukungan tersebut hanya berada pada AHY yang dalam hal ini menjabat sebagai Ketua Umum DPP Partai Demokrat. "Bagaimanapun Anies tidak punya dukungan politik riil. Harus meyakinkan partai politik mitra untuk membentuk koalisi," ujarnya.

Di sisi lain, meskipun pasangan Prabowo-Puan berada di posisi kedua, tapi pasangan ini memiliki dukungan partai yang riil dan kuat. Menurutnya, hasil survei elektabilitas ini bisa saja didorong dengan kekuatan mesin politik partai. "Memang mesin politik menentukan, angka ini berpotensi terboosting lebih tinggi," tutur dia.

Baca juga: Baliho Puan Maharani Bertebaran di Tengah Pandemi, Politikus PDIP Sebut Ekspresi Kader

Selain dua pasangan di atas, Indostrategic juga melakukan simulasi terhadap pasangan lainnya. Akhirnya, muncul pasangan Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil yang elektabilitasnya 8,05 persen, kemudian Ridwan Kamil-Sandiaga Uno 7,35 persen, dan Prabowo-Ridwan Kamil 5,13 persen.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top