Wamenkes Ungkap Sejumlah Faktor Pentingnya Vaksinasi untuk Anak

Selasa, 03 Agustus 2021 - 15:03 WIB
loading...
Wamenkes Ungkap Sejumlah Faktor Pentingnya Vaksinasi untuk Anak
Wamenkes, Dante Saksono menyoroti pentingnya penerimaan dosis vaksinasi bagi anak-anak karena dapat menjadi carier bagi orang tua atau keluarganya. Foto/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), Dante Saksono menyoroti pentingnya penerimaan dosis vaksinasi bagi anak-anak. Hal ini lantaran anak-anak dapat menjadi carier bagi orang tua atau lingkungan keluarganya.

Baca Juga: vaksinasi? Walaupun pada anak-anak itu gejalanya tidak terlalu berat tapi tetap punya potensi sebagai carier bagi keluarganya," ujar Dante Saksono saat menghadiri acara pelepasan mobil keliling Sentra Vaksin Serviam, di sekolah Santa Ursula, Jakarta Pusat, Selasa (03/08/2021)

Baca juga: Diikuti Ribuan Mahasiswa, Polda NTB Gelar Vaksinasi Presisi Merdeka Goes to Campus

"Kadang mereka tidak bergejala atau OTG, tapi bisa menularkan, sehingga kepada anak penting dilakukan vaksinasi secara maksimal," sambungnya.

Dante menambahkan, oleh sebabnya penggalakan vaksinasi yang dibuka di sekolah sangat penting. Bahkan inovasi kobil keliling dinilainya sangat membantu.

Baca juga: Pemprov Jawa Timur Butuh 4,2 Juta Dosis untuk Vaksinasi Tahap Kedua

“Seperti kegiatan yg dilakukan hari ini, salah satu inovasi adalah memberikan vaksinasi di sekolah, kalau anaknya datanya banyak akan dilakukan vaksinasi dengan mobil keliling ke sekolahnya masing-masing, kalau sedikit datang ke sini," kata Dante.

Dalam kesempatan tersebut, Dante juga mengatakan pemerintah juga menyediakan sentra vaksinasi dan kegiatan vaksinasi untuk umum. Dante menambahkan, dalam sentra vaksinasi tersebut juga bisa dilakukan untuk anak-anak.

“Untuk pendataan juga sudah kita lakukan menggunakan data KK, dgn KK kita harapkan penambahan sekitar 50 jutaan anak2 di seluruh Indonesia yg berumur 12-17 tahun akan tervaksinasi dan mereka memainkan peranan penting dalam perjalanan pandemi ini,” tegasnya

Dante juga mengapresiasi keluarga Serviam yang turut hadir dalam mendukung program vaksinasi oleh pemerintah. Diapun berharap kegiatan vaksinasi tersebut dapat terus dilakukan sehingga membantu mencapai angka warga yang tervaksin sampe 100 persen.

"Kegiatan vaksinasi secara mobile ini kita harapkan dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi semua yang ada di Jakarta untuk mencapai vaksinasi hampir 100 persen, terutama nanti bergerak di tempat tempat yang sulit dimana masyarakat harus diaktifkan disitu, kemudian bergerak ketempat tempat marjinal dimana mereka sangat sukar mencapai akses vaksinasi secara formal," tandasnya

Adapun, Dante dalam rangkaian kegiatan tersebut sempat melakukan penyuntikan vaksinasi sebagai salah satu tanda peluncuran mobil keliling vaksin sentra serviam. Saat itu, Dante menyuntikan lima dosis vaksin kepada lima siswa/siswa yang datang di lokasi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1468 seconds (0.1#10.140)