Jenderal Andika Perkasa Sulap Lapangan RSPAD Jadi RS Penanganan Covid-19

Minggu, 01 Agustus 2021 - 21:37 WIB
loading...
Jenderal Andika Perkasa Sulap Lapangan RSPAD Jadi RS Penanganan Covid-19
Rumah sakit lapangan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta didirikan Batalyon Kesehatan I Divisi Infanteri I Kostrad untuk membantu penanganan pasien Covid-19. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa meninjau rumah sakit lapangan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat ( RSPAD) Gatot Soebroto , Jakarta. RS lapangan ini didirikan Batalyon Kesehatan I Divisi Infanteri I Kostrad untuk membantu penanganan pasien Covid-19.

Sejak didirikan, Andika selalu memantau secara rutin perkembangan persiapan RS lapangan tersebut. "Semua rumah sakit perlu dan tidak bisa membantu rumah sakit yang lainnya. Oleh karena itu harus kita tempelkan supaya bisa beroperasi lapangan ini karena dibantu oleh SDM yang ditempeli sama dia," kata Andika dalam tayangan Youtube, Minggu (1/8/2021).

Di hari pertama didirikan, Andika mengecek semua kesiapan personel hingga logistik yang dibutuhkan para personel. Mulai dari kebutuhan air, listrik, alat komunikasi, hingga jaringan komunikasinya. Selain itu kesiapan alat kesehatan, obat-obatan, tenaga kesehatan hingga hal-hal penunjang untuk berdirinya rumah sakit juga ikut dilaporkan.

Baca juga: Kasad Andika Cek Persiapan Latihan Bersama Garuda Shield ke-15 Tahun 2021

Dibutuhkan waktu tiga hari untuk mendirikan rumah sakit lapangan di area RSPAD Gatot Soebroto dengan nama Instalasi Rumah Sakit Lapangan II Yonkes Divif 1/1 Kostrad-RSPAD Gatot Soebroto.

Menurut Andika, 25 tenda sudah digelar dengan alat kesehatan yang sudah lengkap. Dalam rumah sakit lapangan tersebut terdapat tenda IGD Observasi, tenda farmasi, tenda laboratorium, tenda radiologi, tenda ICU, ruang operasi, tenda perawatan untuk pasien laki-laki dan perempuan serta tenda pemulasaran jenazah. Selain itu, terdapat tenda disinfektan untuk para tenaga kesehatan setelah selesai bertugas di rumah sakit lapangan.

"Saya ingin besok pagi operasional. Besok pagi pukul 08.00 WIB mulai operasional, mulai menerima pasien dengan manajemen dari RSPAD," katanya.

Baca juga: Kunjungi Akmil, KSAD Andika Bagi-Bagi Jam Tangan Sporty ke Taruna
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1442 seconds (0.1#10.140)