Pacitan Terancam Gempa-Tsunami Besar, Ini Respons Kemensos

Kamis, 29 Juli 2021 - 18:52 WIB
loading...
Pacitan Terancam Gempa-Tsunami Besar, Ini Respons Kemensos
Kemensos mengaku telah mempersiapkan antisipasi atas informasi potensi bencana besar di Pacitan, Jawa Timur. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kementerian Sosial, M. Syafii Nasution memaparkan peranan Kemensos dalam menanggulangi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami di Pacitan, Jawa Timur.

“Kemsos berperan meningkatkan kesiapsiagaan masyarakat, penyediaan dukungan logistik, membentuk jejaring komunikasi, jejaring kerja, dan penguatan kearifan lokal seperti yang didengungkan bapak Presiden,” ujar Syafii.

Syafii mengungkapkan peranan Kementerian Sosial dalam menyiapkan seluruh sumber daya dengan harapan terwujudnya zero victim dan meminimalisir bencana dikemudian hari.



Syafii mengatakan bahwa pemerintah pusat telah berupaya menyokong pemerintah daerah untuk menyiasati langkah sinergitas dalam menghadapi bencana di berbagai daerah nantinya.

“Peran Kemensos dalam respon ancaman bencana gempa bumi dan Tsunami di Pacitan Ini menjadi role model kami nantinya, untuk diterapkan diberbagai daerah sehingga nanti ada evaluasi apa-apa yang harus kita lakukan, langkah sinergitas kementerian dan lembaga. Karena kita tahu, Pemda tidak cukup anggaran dan regulasi jadi perlu didukung oleh pemerintah pusat,” ujar Syafii dalam Rakorbangnas BMKG secara virtual (29/7/2021).

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan tingkat desa untuk saling besinergi dalam menghadapi ancaman bencana di Pacitan. “Kami sudah berkoordinasi dengan perangkat desa hal ini sangat bermanfaat dalam memberikan edukasi ke masyarakat,” ujar Syafii.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1758 seconds (0.1#10.140)