Tjahjo Kumolo: ASN Harus Tegak Lurus Ikuti Pemerintah Pusat soal Penanganan Covid-19

Selasa, 27 Juli 2021 - 12:51 WIB
loading...
Tjahjo Kumolo: ASN Harus Tegak Lurus Ikuti Pemerintah Pusat soal Penanganan Covid-19
Menpan RB Tjahjo Kumolo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) Tjahjo Kumolo mengimbau ASN di seluruh daerah tegak lurus dengan pemerintah pusat soal penanganan Covid-19. ASN harus bisa merangkul masyarakat dalam menghadapi wabah ini.

"Keluarga besar ASN harus tegak lurus mengikuti perintah daripada pemerintah pusat khususnya arahan dari Bapak Presiden dan Bapak Wakil Presiden untuk menegakkan disiplin prokes dalam kehidupan dan tugas sehari-hari," kata Tjahjo saat meluncurkan core values dan employer branding ASN secara virtual, Selasa (27/7/2021).

Tjahjo mengatakan, ASN di seluruh tingkatan harus ikut bersama-sama TNI, Polri, BIN, dan elemen masyarakat lainnya untuk menggerakkan lingkungan masyarakat terutama dalam mengikuti setiap perintah dan anjuran pemerintah pusat maupun pimpinan kepala daerah demi menghentikan pandemi Covid yang sekarang sedang menimpa Indonesia.



Di sisi lain, Tjahjo melapor kepada Presiden Jokowi bahwa saat ini pemerintah terus mendorong terciptanya birokrasi yang dinamis, yaitu tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, dan efisien serta cepat mengambil keputusan sebagaimana visi misi Jokowi-Ma'ruf Amin hingga 2024.

Reformasi birokrasi, kata Tjahjo, dilakukan sebagai ikhtiar untuk membuatnya lebih adaptif, lebih cepat mengambil keputusan, cepat dalam proses pelayanan publik dan cepat dalam pengambilan keputusan.



Birokrasi pada dasarnya dimulai dari mengubah pola pikir aparatur yang harus lebih lincah dan inovatif. Birokrasi sebagai sumber motor utama dalam pembangunan digerakkan oleh SDM aparatur. Karena itu peranannya menjadi sangat signifikan bagi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan.

"Dalam konteks inilah urgensi transformasi pengelolaan sumber daya manusia aparatur harus dan perlu dipercepat sebagaimana arahan Bapak Presiden," pungkas Tjahjo.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1599 seconds (0.1#10.140)