LSI: 1,5 Tahun Pandemi, Masih Banyak Masyarakat Tak Takut Tertular Corona

Minggu, 18 Juli 2021 - 14:52 WIB
loading...
LSI: 1,5 Tahun Pandemi, Masih Banyak Masyarakat Tak Takut Tertular Corona
Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak khawatir, bahwa mereka dapat tertular dari virus Corona (Covid-19). Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) menemukan, masih banyak masyarakat yang tidak khawatir bahwa mereka dapat tertular virus Corona (Covid-19), padahal pandemi ini sudah berlangsung lebih dari 1,5 tahun di Tanah Air.



Kemudian, Djayadi melanjutkan, hampir semua masyarakat menganggap virus Corona sangat mengancan kehidupan masyarakat, baik dari sudut pandang ekonomi maupun sudut pandang kesehatan.

Namun, bicara kemungkinan tertular Covid, masyarakat Indonesia agak terbelah, masih banyak yang merasa bahwa mereka memiliki peluang yang kecil untuk tertular Covid-19 atau sebesar 33,6%, sementara 40,5% yang merasa sangat khawatir tertular Corona.

"Ini menarik dicermati, karena pandemi sudah 1,5 tahun lebih tapi masih banyak yang merasa kecil kemungkinan tertular Covid. apakah ini terkait dengan kepatuhan masyarakat atay kemauan masyarakat mematuhi prokes atau kebijakan-kebijakan Covid-19," ujarnya.

Secara ekonomi, sambung Djayadi, mayoritas masyarakat sepakat 79,9% dampak ekonomi dari wabah ini cukup besar, hanya sedikit yang merasa bahwa pandemi ini tidak berdampak secara ekonomi.

Diketahui, survei ini dilakukan dengan telepon pada 20-25 Juni dengan basis respondennya yang terpilih secara acak berdasarkan survei LSI selama 3 tahun terakhir. Ada 7.477 yang berhasil telepon, ada 1.200
responden yang berhasil diwawancarai.

Secara umum sampel ini menggambarkan karakteristik secara nasional. Survei ini memiliki margin of error (MoE) sekitar ±2.88% pada tingkat kepercayaan 95%. Sampel berasal dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2066 seconds (0.1#10.140)