Beri Sejumlah Catatan, Sosiolog UI Sebut PPKM Darurat untuk Kepentingan Bersama

Sabtu, 17 Juli 2021 - 13:32 WIB
loading...
Beri Sejumlah Catatan, Sosiolog UI Sebut PPKM Darurat untuk Kepentingan Bersama
Diskusi dengan tema Jalan Terjal PPKM Daurat di Polemik MNC Trijaya yang digelar secara daring, Sabtu (17/7/2021). Foto/Tangkapan Layar
A A A
BOGOR - Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Daisy Indira Yasmin mengatakan bahwa dirinya lebih menyoroti tentang kekompakan dalam penerapan PPKM Darurat yang sedang diberlakukan saat ini.



Bahkan, sejak awal Daisy mengaku setuju dengan kebijakan PPKM Darurat ini dan seharusnya dihitung social cost-nya jika memang virus Covid-19 ini tetap menjadi bagian ancaman dari kehidupan masyarakat.

"Kalau makin lama penyebarannya makin tinggi penyebarannya, maka social cost-nya juga tinggi, karena sepakat PPKM Darurat ini untuk kepentingan bersama," ungkapnya.

Lalu, kata Daisy terkait pelaksanaannya dalam setiap kebijakan atau setiap program yang akan diberlakukan di masyarakat itu harus disertai dengan manual.

"Atau semacam SOP (Standard Operational Procedure), sosialiasi yang lengkap. Bahkan sebelum kebijakan itu diluncurkan, karena itu membuat masyarakat untuk siap," katanya.

Sehingga masyarakat bisa mempersiapkan kehidupannya, baik untuk pribadi, keluarga, ekonomi, sosial. "Jadi seluruh aspek masyarakat bisa persiapkan, itu yang sebenarnya perlu dilakukan," katanya.

Menurut Daisy, pemerintah masih banyak catatan tentang informasi PPKM Darurat itu bisa di akses oleh seluruh warga.

"Hal itu aja masih banyak catatan, kita belum punya sistem informasi yang terpadu tentang Covid-19 ini yang mudah diakses masyarakat," paparnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1001 seconds (0.1#10.140)