Tiba Hari Ini, 3 Juta Vaksin Moderna Hibah AS Jatah Khusus Tenaga Kesehatan

Minggu, 11 Juli 2021 - 18:59 WIB
loading...
Tiba Hari Ini, 3 Juta Vaksin Moderna Hibah AS Jatah Khusus Tenaga Kesehatan
Pemerintah menegaskan bahwa 3 juta dosis vaksin moderna yang tiba hari ini khusus diperuntukkan bagi tenaga kesehatatan. Foto/ist
A A A
JAKARTA - https://www.sindonews.com/topic/97728/lonjakan-kasus-covid-19 beberapa waktu terakhir membuat para tenaga kesehatan kewalahan. Mereka menghadapi pola kerja tidak teratur dalam merawat ratusan pasien Covid-19.

Dari data yang dihimpun Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) sejak awal pandemi Covid-19 pada Maret 2020 silam hingga 28 Juni 2021 tercatat sudah ada 1.031 tenaga kesehatan yang gugur. Jumlah ini terdiri dari 405 dokter, 43 dokter gigi, 328 perawat, 160 bidan dan 95 tenaga kesehatan lainnya.



Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Dedy Permadi dalam keterangan persnya di akun YouTube Sekretariat Presiden menyebutkan bahwa kedatangan vaksin Moderna hari ini akan diutamakan untuk perlindungan para nakes.

"Kita bersyukur siang tadi baru menerima 3 juta lebih vaksin moderna dari Amerika Serikat yang sudah disetujui penggunaannya oleh WHO dan BPOM," ujar Dedy Permadi, Minggu (11/7/2021).



Ia mengungkapkan vaksin tersebut diperuntukkan khusus untuk menjamin keselamatan nakes yang setiap hari harus berinteraksi dengan pasien Covid-19 baik yang bergejala ringan, sedang, hingga berat.

"Dan kebijakan Kementerian Kesehatan adalah memberikannya kepada yang paling membutuhkan yakni tenaga kesehatan yang sedang merawat 376.015 saudara kita yang sedang berjuang melawan Covid-19 per hari ini," tambah Dedy Permadi.

Ia berharap kehadiran vaksin tersebut diharapkan dapat meningkatkan semangat dan daya juang nakes.

"Meskipun 100% tenaga kesehatan sudah menerima dosis lengkap, namun perlindungan tambahan ini membuat mereka akan semakin semangat meningkatkan angka kesembuhan," tandas Dedy Permadi. [Carlos Roy Fajarta]
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3157 seconds (0.1#10.140)