Ditjen Bimas Hindu Gelar Lomba Tiktok Arjuna, Hadiah Total Rp100 Juta

Minggu, 11 Juli 2021 - 12:12 WIB
loading...
Ditjen Bimas Hindu Gelar Lomba Tiktok Arjuna, Hadiah Total Rp100 Juta
Dirbimas Hindu Kemenag Tri Handoko Seto memberikan keterangan Lomba Dharma Wacana dan Konten Tiktok Nasional 2021. Foto/Dok Humas Ditjen Binmas Kemenag
A A A
JAKARTA - Direktorat Bimbingan Masyarakat ( Ditjen Bimas) Hindu Kementerian Agama (Kemenag) bekerja sama dengan Paiketan Krama Bali, Perhimpunan Pemuda Hindu Dharma Indonesia (Peradah) dan Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) menggelar Lomba Dharma Wacana Nasional dan Konten Tiktok Arjuna Digital IV 2021. Total hadiah yang disiapkan cukup fantastis, mencapai Rp100 juta.

Dirbinmas Hindu Kemenag, Tri Handoko Seto mengatakan, lomba ini dilaksanakan untuk mendorong kreativitas milenial, khususnya anak muda Hindu guna mengisi konten konten kreatif di dunia maya. Adanya kegaduhan di dunia maya tak dipungkiri sangat sulit untuk dihilangkan, akan tetapi keberadaan konten-konten yang positif akan menjadi penguat dalam literasi.

"Anak muda yang kreatif harus terus difasilitasi untuk terus berkarya. Bukan hanya literasi keagamaan tetapi juga kebangsaan karena Dharma agama dan Dharma Negara merupakan satu tarikan napas," kata Tri Handoko dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga: Budha dan Hindu Termasuk Ahlul Kitab? Begini Pendapat Al-Maududi

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi kebanggaan dan rasa percaya diri bangsa Indonesia karena memiliki potensi anak-anak muda yang luar biasa, yang mampu berkarya di era digital.

Ketua Panitia Lomba Dharma Wacana Nasional dan Konten TikTok Arjuna Digital IV 2021, Ni Kadek Surpi Aryadharma menambahkan, lomba ini juga untuk membangun serta, memberikan semangat dan mendukung para content creator Hindu. Sehingga berkarya lebih baik dalam membantu upaya siar Hindu dan semangat moderasi beragama.

"Harapan kami kegiatan ini diikuti secara massif oleh anak muda Hindu, yang tanpa sekat dan tanpa jarak," katanya.

Baca juga: Viral di Media Sosial, TikTokers Asal Bali yang Menjadi Translator Kedua Orang Tuanya

Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Pusat Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, mengajak setiap umat Hindu menjunjung nilai-nilai Hindu, menghindari hoaks, dan ujaran kebencian di sosial media. Untuk itu mendukung penuh lomba ini dan berharap semakin banyak konten bermanfaat yang diproduksi oleh umat Hindu.

"Kami mendukung anak-anak muda yang cerdas dan menjadi pandawa lima. Juga harus terbangun Arjuna yang cerdas, cerdik cendekia, namun arif dan bijaksana. Jangan ribut di medsos, mari kita kuat bersatu," kata mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu.

Bagi yang berminat dalam melakukan pendaftaran dan pengiriman karya dari 15 Juni hingga Agustus 2021 melalui melalui link: ttps/bit.ly/daftarLAD2021. Pengumuman dan penganugerahan pemenang 10 Oktober 2021.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)