Rachmawati Soekarnoputri Meninggal, Rizal Ramli Sampaikan Duka Mendalam

Sabtu, 03 Juli 2021 - 14:46 WIB
loading...
Rachmawati Soekarnoputri Meninggal, Rizal Ramli Sampaikan Duka Mendalam
Foto kenangan Rizal Ramli bersama Rachmawati Soekarnoputri yang meninggal dunia, Sabtu (3/7/2021). FOTO/DOK.PRIBADI RIZAL RAMLI
A A A
JAKARTA - Tokoh nasional Rizal Ramli menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya putri Proklamator Republik Indonesia, Soekarno, yakni Rachmawati Soekarnoputri . Rizal Ramli menganggap dirinya dan pendiri Universitas Bung Karno itu sangat dekat bagaikan kakak dan adik.

Rachmawati bagi banyak kalangan, tidak hanya dianggap sebagai anak biologis, namun juga murid idologisnya Bung Karno. Begitu pun dengan Rizal Ramli, juga dianggap sebagai murid ideologis Soekarno. Keduanya pun sangat dekat.

"Saya sangat dekat, kayak adik kakak, suka diskusi, bercanda dan bahkan ledek-ledekan. Mbak Rachma sosok yang kritis, berani dan tabah," kata Rizal Ramli, Menko Ekuin era Presiden Abdurrahman Wahid ini kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (3/7/2021).

Baca juga: Duka Mendalam Megawati atas Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri

Menurut Rizal Ramli, perempuan kelahiran Jakarta, 27 September 1950 itu, salah satu anak Bung Karno yang konsisten mewariskan ideologi ayahnya. Itu dibuktikan dengan komitmen yang teguh dalam mendirikan Yayasan Pendidikan Soekarno dan Universitas Bung Karno (UBK) bersama sejumlah tokoh nasionalis di era kepemimpinan Soeharto, di antaranya Yano Bolang (Alm), Simon Tiranda (Alm) dan Bagin (Alm). Tujuannya, mengimplementasikan ajaran Bung Karno yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini. Antara lain Trisakti Bung Karno yaitu, berdaulat dalam bidang politik, berdikari dalam bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam bidang kebudayaan.

Seiring berjalannya waktu, Rachmawati Soekarnoputri mendaulat Rizal Ramli sebagai Ketua Dewan Penyantun Universitas Bung Karno Periode 2011-2015. Keputusan Rachmawati kala itu sudah tepat, mengingat sosok Rizal Ramli sangat nasionalis dan konsisten mengimplementasikan ajaran Bung Karno soal Trisakti.

Misalnya, Rizal Ramli pernah mengubah nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara saat dirinya menjabat Menko Maritim dan Sumber Daya. Tujuannya agar RRC tak lagi mengklaim wilayah Indonesia, sehingga Indonesia berdaulat sepenuhnya sebagaimana yang dicita-citakan Soekarno.

Baca juga: AHY Kenang Momen Kunjungi Rumah Rachmawati Soekarnoputri: Diterima dengan Hangat Seperti Anak Sendiri

Sebagaimana diketahui, Rachmawati Soekarnoputri tutup usia, Sabtu (3/7/2021). Kabar duka ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Bambang Wuryanto. "Telah berpulang kepada Tuhan yang Mahakuasa, Ibu Hj Rachmawati Soekarnoputri. Tadi pagi pukul 06.20 WIB di RSPAD Gatot Soebroto," ujar Bambang.

Bambang menyebut Rachmawati meninggal karena sakit. "Setelah sakit beberapa lama," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2570 seconds (0.1#10.140)