Rizal Ramli Tidak Dimakamkan Secara Kenegaraan, Ini Penjelasan Pihak Keluarga

Kamis, 04 Januari 2024 - 15:19 WIB
loading...
Rizal Ramli Tidak Dimakamkan Secara Kenegaraan, Ini Penjelasan Pihak Keluarga
Jenazah Rizal Ramli dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024). Foto/Ari Sandita Murti
A A A
JAKARTA - Jenazah Rizal Ramli dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Cilandak, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024). Pemakaman Rizal Ramli tidak dilakukan secara kenegaraan meski pernah menjadi menteri.

Perwakilan keluarga almarhum Rizal Ramli, Yosef Sampurna Nggarang alias Yos Nggarang mengatakan, dimakamkannya jenazah eks Menko Kemaritiman Rizal Ramli di TPU Jeruk Purut merupakan wasiat dan amanah Rizal Ramli.

"Beliau dimakamkan dengan mendiang istri, Ibu Hera dan tidak dimakamkan secara kenegaraan meskipun beliau pejabat karena itu memang wasiat beliau, karena dia lebih dekat dengan semua orang, dengan rakyat, dan lain-lain," ujar Yos kepada wartawan, Kamis (4/1/2024).



Menurutnya, saat disodorkan form untuk pensiun sebagai menteri, Rizal menolaknya lantaran jabatan hanyalah sebuah amanah. Maka itu, Rizal pun tak ingin dimakamkan secara kenegaraan lantaran dia merasa lebih dekat dengan semua orang. "Jadi, hari ini beliau di rumah menjadi milik keluarga, tapi di luar rumah menjadi milik kita semua," ujarnya.

Atas nama keluarga Rizal Ramli, paparnya, pihaknya meminta maaf jika ada kesalahan Rizal. Keluarga juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah melayat dan berbelangkawa atas kepergian Rizal serta mengantarkan hingga TPU Jeruk Purut .

"Terima kasih teman-teman. Bang Rizal Ramli bukan hanya milik keluarga, hari ini yang hadir di sini, semua kolega dari semua lintas generasi, dari semua jenis profesi, yang dianggap selama ini berbeda pendapat semuanya bisa hadir di rumah duka kemarin, sampai tadi sebelum ke masjid," katanya.



Diketahui, jenazah Rizal Ramli dimakamkan di TPU Jeruk Purut, Kamis (4/1/2024) ini. Tampak sejumlah tokoh juga hadir untuk mengiringi pemakaman Rizal Ramli. Mereka antara lain mantan Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin, Gatot Nurmantyo, ekonom Hendri Saparini, pengamat politik Rocky Gerung, hingga aktivis senior Hariman Siregar.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)