Begini Cara Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia Hadapi Pandemi

Minggu, 27 Juni 2021 - 22:07 WIB
loading...
Begini Cara Masyarakat Perbatasan Indonesia-Malaysia Hadapi Pandemi
Hiruk pikuk penanganan pandemi virus Corona yang sudah nyaris 2 tahun ini berjalan, belum juga menunjukkan tanda akan berakhir. Bahkan muncul varian baru. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hiruk pikuk penanganan pandemi virus Corona (Covid-19) yang sudah nyaris 2 tahun ini berjalan, belum juga menunjukkan tanda akan berakhir. Munculnya varian baru ditambah lonjakan kasus yang seakan tiada henti, membuat masyarakat khawatir.



Sementara itu, kasus aktif sebanyak 194.776 orang. Kasus aktif ini artinya yang sedang dirawat baik isolasi mandiri di rumah maupun di tempat isolasi yang disediakan pemerintah ataupun di rumah sakit. Dan jumlah suspect Covid-19 kini sebanyak 129.071 orang. Saat ini kasus Covid-19 tersebar di 510 Kabupaten/Kota di 34 Provinsi.

Pandemi Corona ini hampir semua merata terjadi di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Pulau Sebatik, Kalimantan Utara (Kaltara). Jauh dari hiruk pikuk informasi, pandemi Corona di pulau ini nyaris tak terdengar.

"Masyarakat Sebatik bahu membahu bergotong royong dalam penanganan Covid-19. Pulau terluar dan terdepan Indonesia ini yang berbatasan langsung dengan Malaysia punya cara tersendiri dalam berjibaku menangani pandemi Corona," kata dokter yang juga bertugas sebagai kepala Puskesmas Sebatik Timur, Dokter Andi Syahriful Asri, Minggu (27/6/2021).

Mungkin tak banyak yang tahu, sebelum trend kenaikan kasus Covid 19 di pulau barat Nunukan ini bahkan sudah melakukan langkah pencegahan secara mandiri. Inisiatif para tokoh masyarakat yang berkolaborasi dengan pemerintah daerah, bahu membahu membentuk Satgas Covid-19 dengan sasaran utama terlebih dahulu membekali para tenaga medis baik dengan alat pelindung diri (APD) yang layak.

"Haji Momo, tokoh masyarakat di Sebatik yang banyak disebut sejumlah masyarakat di Sebatik, sebagai orang dinilai sangat peduli terhadap percepatan penanganan pandemi di kepulauan berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa ini," ucap Andi Syahriful Asri.

Dokter asal Makassar ini mengaku, satgas pertama yang dibentuk di Sebatik semua merupakan inisiatif Haji Momo. Kala itu, tokoh masyarakat yang juga dikenal sebagai pengusaha ini memfasilitasi segala kebutuhan para nakes mulai dari obat-obatan hingga APD yang kala itu bisa terhitung langka.

"Bahkan Haji Momo berinisiatif untuk menjahit sendiri APD bagi para nakes dalam mengatasi kelangkaan APD akibat melonjaknya angka Covid-19 di segala penjuru wilayah Indonesia saat itu," ungkap dr Andi.

Tak berhenti sampai di situ, dijelaskan dr Andi, penyediaan ratusan alat rapid hingga peminjaman lokasi bangunan yang kelak menjadi Posko Covid-19 tak lepas dari inisiatif Haji Momo. Melihat tren kenaikan yang semakin meningkat, Haji Momo juga tak tinggal diam, menurut dokter yang sudah 2 tahun bertugas di Sebatik tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1475 seconds (0.1#10.140)