Kasus Covid Melonjak Tajam, PAN Usul Fungsikan 27 Asrama Haji Seluruh Indonesia

Jum'at, 25 Juni 2021 - 10:33 WIB
loading...
Kasus Covid Melonjak Tajam, PAN Usul Fungsikan 27 Asrama Haji Seluruh Indonesia
Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, meminta pemerintah segera memfungsikan asrama haji di seluruh Indonesia sebagai ruang isolasi pasien Covid-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terus meningkatnya angka kasus baru Covid-19 membuat ruang Isolasi pasien semakin terbatas. Sementara tingkat keterisian rumah sakit (BOR) semakin penuh dan terbatas.

Merespons hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto, meminta pemerintah segera memfungsikan asrama haji di seluruh Indonesia sebagai ruang isolasi.

Menurut Yandri, dengan tidak adanya pemberangkatan haji tahun ini l, maka asrama jaji bisa difungsikan sepenuhnya sebagai tempat isolasi pasien Covid-19. "Ada sebanyak 27 Asrama Haji di seluruh Indonesia dengan total 3.465 kamar yang bisa difungsikan menjadi ruang isolasi untuk pasien Covid-19," kata Yandri kepada wartawan di Jakarta, Jumat (25/6/2021).

Wakil Ketua Umum DPP PAN ini menuturkan, dengan penggunaan asrama haji ini, bisa menghemat anggaran untuk isolasi pasien daripada menggunakan hotel yang membutuhkan biaya besar. "Tapi fasilitas asrama haji tentu baik dan layak untuk menjadi ruang Isolasi pasien. Apalagi sekarang seperti Wisma Atlet juga sudah semakin penuh. Masuk juga harus antri. Begitu juga dengan tempat isolasi pasien di provinsi lain. Sementara kasus terus meningkat diprediksi sampai akhir Juli. Solusinya Asrama Haji difungsikan jadi ruang Isolasi!," lanjutnya.

Yandri menambahkan, dana APBN yang disiapkan untuk pelaksanaan haji tahun ini bisa direfocusing sebagian untuk penanganan Covid-19. "Untuk mengubah fungsi Asrama Haji menjadi Ruang Isolasi tentu membutuhkan fasilitas tambahan. Karena haji batal maka dana APBN yang disiapkan untuk haji tahun ini bisa direfocusing sebagian untuk pelayanan Pasien Covid-19 di Asrama Haji," lanjutnya

Berkaitan dengan itu, Yandri juga meminta koordinasi lintas Kementerian segera dilakukan untuk mengubah fungsi Asrama Haji menjadi ruang Isolasi. Dalam hal ini Kementerian Agama bersama Kementerian Kesehatan dan pihak pihak lain yang terkait.

"Harus segera dibahas dan dieksekusi lintas Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan. Selain itu dibutuhkan juga koordinasi dengan Pemprov dan Pemkab. Bagaimanapun mengatasi masalah Covid-19 ini adalah kerja bersama," tutup legislator dapil Banten itu. Kiswondari
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)