PKS Sudah Salurkan Rp68,9 Miliar untuk Penanganan COVID-19

Selasa, 26 Mei 2020 - 14:20 WIB
loading...
PKS Sudah Salurkan Rp68,9 Miliar untuk Penanganan COVID-19
Ketua Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) PKS, Naharus Surur mengungkapkan bahwa nilai bantuan yang diberikan oleh struktur PKS di seluruh provinsi dan struktur PKS di luar negeri bakal terus bertambah mengingat penanganan Pandemi COVID-19 belum usa
A A A
JAKARTA - Per hari ini pukul 09.00 WIB, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyalurkan bantuan untuk penanganan COVID-19 di seluruh Indonesia bahkan untuk warga negara Indonesia (WNI) di luar negeri senilai Rp68,9 miliar.

Ketua Gerakan Nasional Tanggap Bencana (Genta) PKS, Naharus Surur mengungkapkan bahwa nilai bantuan yang diberikan oleh struktur PKS di seluruh provinsi dan struktur PKS di luar negeri bakal terus bertambah mengingat penanganan Pandemi COVID-19 belum usai. (Baca juga: Kasus Baru di Kuwait, WNI Positif COVID-19 di Luar Negeri Berjumlah 876 Orang)

"Menghadapi COVID-19 ini seperti lari maraton, perlu energi lama sehingga kita harus pintar-pintar mengatur energi. Insya Allah komitmen PKS akan terus terjun memberikan bantuan hingga Pandemi ini selesai. Bukan hanya berwujud materiil tetapi spirituil, juga bantuan tenaga yang libatkan relawan2 PKS, juga advokasi melalui kebijakan dan keberpihakan kepada seluruh kelompok masyarakat korban COVID-19," ujar Naharus dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (26/5/2020).

Sekalipun dari sisi jumlah, itu belum bisa mengatasi masalah terkait COVID-19, namun Naharus menegaskan semoga itu dapat membantu meringankan beban, dan menyemangati warga serta pihak lain untuk membantu juga untuk membantu pemerintah melaksanakan kewajibannya kepada Rakyat Indonesia.

Dirinya berharap, energi goroyng royong ini bakal menjadi tradisi yang terus hidup menguatkan kebersamaan sebagai sesama anak bangsa dan untuk menyelamatkan eksistensi NKRI dari rongrongan teror COVID-19.

"Kalau ukurannya sekadar jumlah tentu banyak elemen lain yang jauh lebih banyak. Kita ingin hadirkan energi kebersamaan. Donasi yang dikumpulkan oleh kader-kader PKS dari tingkat pusat hingga tingkat ranting, membuktikan bahwa Partai tetap ada untuk bela kepentingan rakyat, bahkan di luar waktu Pilkada/Pileg/Pilpres. Apalagi Indonesia lagi terkena darurat kesehatan," tuturnya. (Baca juga: Displinkan Masyarakat, 340 Ribu Aparat Diterjukan di 1.800 Objek)

Dia melanjutkan, kurva di Indonesia masih tinggi dan status pandemi serta Bencana Nasional masih berlaku. "Jangan pernah lelah berbuat baik untuk bangsa ini. Kalau kita bergotong royong dan bareng-bareng Insya Allah bisa berkontribusi," ucap Naharus.

Lebih lanjut dia mengatakan, sejak awal terjadi outbreak di Indonesia, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman sudah menyerukan tentang keharusan membantu Rakyat Indonesia terdampak COVID-19. Kebijakan itu kemudian diaplikasikan oleh Anggota/Kader dari PKS yang menjadi Anggota DPR dan DPRD dengan memotong gaji untuk penanganan COVID-19, juga aksi Relawan dan simpatisan PKS hingga struktur ranting kelurahan.

"Relawan PKS setiap Ramadhan selalu hadir dengan Program Posko Mudik PKS. Saat ini sejak awal pandemi hadir seluruh kekuatan Relawan PKS terkonsentrasi untuk membantu penanganan COVID-19," jelasnya.

Dia membeberkan, pembagian bantuan diberikan dalam bentuk hand sanitizer, APD, masker, yang disalurkan lewat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPP PPNI), maupun langsung ke RS dan RSUD.

Disamping itu juga dilakukan penyemprotan disinfektan di berbagai wilayah Indonesia, bantuan sembako dan keuangan untuk warga terkena PHK, bantuan juga untuk pengemudi ojol, pengemudi taksi, petani, nelayan, buruh, guru ngaji, marbot masjid dan para ustadz, mahasiswa di LN dan PMI. (Baca juga: Persiapan New Normal, Jokowi Siagakan TNI/Polri di 4 Provinsi dan 25 Kabupaten/Kota)

Sebagian bekerjasama lewat Ormas Islam, bantuan untuk para petugas PSBB seperti kepolisian, relawan, petugas perhubungan. Bantuan juga terkait dengan Ramadhan dalam bentuk paket buka puasa, sahur serta paket lebaran. Bantuan-bantuan terkait COVID-19 itu diberikan tanpa membedakan latar SARA, maupun pilihan politik. Bahkan relawan PKS juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan bukan hanya untuk Masjid, tetapi juga untuk Gereja dan Vihara.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1506 seconds (0.1#10.140)