Kasus Corona Menggila, DPR dan Pakar Apresiasi Instruksi Mendagri

loading...
Kasus Corona Menggila, DPR dan Pakar Apresiasi Instruksi Mendagri
Mendagri Tito Karnavian bergerak cepat dengan menerbitkan instruksi Nomor 13 Tahun 2021. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Gelombang kasus positif virus corona (Covid-19) terus menyeruak di sejumlah daerah. Guna menghalaunya pemerintah pusat memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro pada 15-28 Juni melalui Instruksi Mendagri Nomor 13 Tahun 2021.

Baca juga: Kemendagri Ungkap 37.000 Desa Belum Bentuk Posko Covid-19

Kebijakan ini mendapatkan apresiasi dari DPR RI dan pemerhati karena dinilai tepat untuk menyelamatkan kesehatan rakyat. Namun pemerintah pusat diminta mengawasi, memberi sanksi bagi pemerintah daerah yang mengabaikannya dan memberi penghargaan bagi yang melaksanakannya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Naik Lagi, Mendagri Ingatkan Kepala Daerah Gencarkan Kampanye Pakai Masker



"Saya mengapresiasi langkah cepat pemerintah pusat yang mengeluarkan instruksi untuk meredam kenaikan pasien Covid-19," ujar Wakil Ketua Komisi II DPR RI Luqman Hakim dalam keterangannya, Jum'at (18/6/2021).

Menurut dia, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bergerak cepat dengan menerbitkan instruksi Nomor 13 Tahun 2021 kepada pemerintah daerah agar mengencangkan kembali pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat.

Baca juga: Mendagri Instruksikan PPKM Mikro di Daerah Zona Merah Diperketat

Ia mengatakan pemerintah daerah dan masyarakat perlu terus-menerus diingatkan untuk mematuhi instruksi Mendagri tersebut dan protokol kesehatan. Pasalnya gejala kejenuhan masyarakat dalam pelaksanaan aturan itu sudah meluas.

"Begitu juga dengan sebagian pemerintah daerah yang mulai kendor dalam pengendalian Covid-19 di daerah," katanya.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top