Tjahjo Kumolo Tegaskan PNS Dilarang Ambil Cuti yang Berdekatan dengan Libur Nasional

Jum'at, 18 Juni 2021 - 15:47 WIB
loading...
Tjahjo Kumolo Tegaskan PNS Dilarang Ambil Cuti yang Berdekatan dengan Libur Nasional
Menpan RB Tjahjo Kumolo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPANRB) Tjahjo Kumolo mengakui bahwa cuti merupakan hak setiap ASN baik PNS maupun PPPK. Namun, dalam kondisi pandemi saat ini Tjahjo mengatakan cuti bagi PNS yang berdekatan dengan hari libur nasional ditiadakan.

"ASN itu sesuai ketentuan itu mempunyai hak cuti per orang. Tetapi kami putuskan bahwa demi kemaslahatan dalam konteks pandemi Covid ini bahwa hak cuti ASN itu untuk sementara ditiadakan," katanya dalam konferensi persnya, Jumat (18/6/2021).

Dia meminta agar PNS mengajukan cuti yang tidak berdekatan dengan libur nasional. "Pengertian ditiadakan, jangan sampai Sabtu libur, Minggu libur, Hari Besar Keagamaan Selasa libur, terus nanti semua ASN minta cutinya hari Senin. Nah ini dilarang. Cari cuti hari lain saja," ungkapnya.

Baca juga: Cuti Bersama Natal Ditiadakan, Dua Libur Nasional Digeser

Seperti diketahui, pemerintah memutuskan untuk menggeser dua hari libur nasional dan meniadakan cuti bersama Natal 2021. Tjahjo menyebut bahwa tahun ini tidak ada istilah cuti bersama karena fokus pada pemulihan kesehatan masyarakat.

"Kami juga menyampaikan dalam rapat kepada Pak Menko bahwa istilah cuti bersama itu tidak ada. Semua konsentrasi untuk kesehatan masyarakat sebagaimana arahan Pak Presiden, arahan Pak Menko bahwa semua untuk menjaga kesehatan masyarakat dari pandemi Covid yang ada," pungkasnya.

Baca juga: Corona Menggila, Anies Minta Warga di Rumah Aja saat Libur Sabtu-Minggu Ini
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1782 seconds (11.210#12.26)