Wapres Targetkan Tahun 2023 Seluruh Wilayah Indonesia Terjangkau Internet

Jum'at, 18 Juni 2021 - 09:51 WIB
loading...
Wapres Targetkan Tahun 2023 Seluruh Wilayah Indonesia Terjangkau Internet
Wapres Maruf Amin. Foto/Istimewa/Instagram
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden ( Wapres ) KH Ma'ruf Amin menegaskan pemerintah menargetkan pada tahun 2023 seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet . Ini penting untuk transformasi ekonomi menuju digitalisasi.

"Diharapkan pada tahun 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet ," ujar Ma'ruf dalam sambutannya pada acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) secara virtual, Jumat (18/6/2021).

Kata Ma'ruf, untuk mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi , penyediaan infrastruktur telekomunikasi dan informasi menjadi hal paling mendasar dan mutlak untuk dipenuhi.

Ma’ruf mengatakan, dalam penyiapan infrastruktur telekomunikasi dan informasi ini pembangunan infrastruktur menjadi tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo, melalui Proyek Strategis Nasional, dengan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring dan Proyek Satelit Multifungsi Pemerintah.



Ma’ruf menambahkan, dengan akses internet, ekosistem digital bagi masyarakat dalam hal ini khususnya di Nusa Tenggara Timur akan terbuka lebar. "Dengan adanya jaringan koneksi internet, maka akses untuk memasuki ekosistem digital bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Nusa Tenggara Timur akan terbuka lebar," katanya.



Menurut Ma'ruf, keterbukaan akses digital ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi karya dan kreasi lokal karena lahan bisnisnya mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global. "Di situlah letak nilai strategis dari transformasi ekonomi melalui digitalisasi yang merupakan salah satu prioritas pemerintah."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1130 seconds (0.1#10.140)