KPI dan Dewan Pers Perlu Dorong Konten Positif di Tengah Pandemi Covid-19

Senin, 20 April 2020 - 14:54 WIB
loading...
KPI dan Dewan Pers Perlu Dorong Konten Positif di Tengah Pandemi Covid-19
Mural lawan corona. Foto/SINDO/Yorri Firli
A A A
JAKARTA - Komisi I DPR meminta kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Dewan Pers untuk mendorong stasiun televisi (TV) dan pemberitaan media agar berisi konten maupun iklan yang memberikan nilai positif saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Diketahui, dalam masa PSBB ini banyak masyarakat berada di rumah.

"Kami apresiasi KPI dan Dewan Pers. KPI berkoordinasi sejak awal tentang iklan layanan masyarakat TV swasta, dan tayangan di TV swasta sudah ditertibkan. Karena memang sekarang saat orang banyak di rumah, panduannya TV dan sosmed sangat kuat sehingga perlu diisi dengan hal yang positif, kita harus berikan yang positif pada masyarakat," kata Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan KPI dan Dewan Pers, Senin (20/4/2020).

Untuk Dewan Pers, Meutya berharap pemberitaan soal PSBB, larangan mudik dan lainnya memang perlu dijaga agar keseluruhan tone serta kritik yang muncul dapat membangun semangat yang positif. "Dan bangun solidaritas kebersamaan karena kondisi di negara ini perlu hal-hal yang membangun ditingkatkan," pinta politikus Golkar itu dalam rapat secara virtual tersebut.

Anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP TB Hasanuddin meminta kepada Dewan Pers untuk menyampaikan kepada jajaran media dan wartawan agar menyampaikan pemberitaan yang memiliki nilai edukatif. "Beritanya punya nilai edukatif. Bahas sisi berita dengan lebih baik, ada berita yang bermanfaat untuk masyarakat," kata TB di kesempatan sama. ( ).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7416 seconds (0.1#10.140)