Pasang Baliho Puan Maharani di Surabaya, PDIP 'Tes Ombak' untuk 2024

Selasa, 15 Juni 2021 - 06:57 WIB
loading...
Pasang Baliho Puan Maharani di Surabaya, PDIP Tes Ombak untuk 2024
Baliho bergambar Puan Maharani banyak terpasang di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Baliho bergambar Puan Maharani banyak terpasang di wilayah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Hal ini menunjukkan keinginan kuat putri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tersebut mencalonkan diri pada Pemilu Presiden ( Pilpres) 2024 mendatang.

Menanggapi hal ini, analis komunikasi politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga menjelaskan, Jawa Timur, khususnya Surabaya, dapat dijadikan titik awal karena wilayah tersebut memang manjadi salah satu basis PDIP. Surabaya selama ini memang dijadikan barometer bagi PDIP.

"Karena itu, pemasangan baliho gambar Puan Maharani dapat diartikan juga sebagai tes ombak. Respons warga Jawa Timur, khususnya Surabaya, akan dijadikan tolok ukur pencalonan Puan Maharani," kata Jamil kepada wartawan di Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Baca juga: PDIP Babel Usulkan Puan Maharani Capres 2024, Pengamat: Semua Kandidat Perlu Diperhitungkan

Menurut Jamil, dapat dipahami alasan PDIP mengawali pemasangan baliho Puan Maharani dari Surabaya. Hasil tes ombak ini diyakini akan dilanjutkan ke daerah lain, seperti Bali, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Selain Baliho, Puan juga akan terus bersafari menyapa masyarakat. Terlihat setiap akhir pekan Puan suka berkunjung ke daerah, seperti Manado dan kemarin ke Solo," katanya.

Mantan Dekan FIKOM IISIP ini menambahkan, safari Puan ini menguatkan analisis bahwa PDIP akan mengusungnya pada Pilpres 2024. Tampaknya, Puan akan menggunakan dua strategi, yakni melalui jalur darat dan jalur udara.

Baca juga: Baliho Puan Bertebaran di Jatim, PDIP: Menunjukan Kesiapan dan Pengenalan

"Diperkirakan serangan dua jalur itu akan semakin intens dan meluas di masa mendatang. Tentu serangan itu akan diikuti oleh relawan dan kader militan PDIP," kata Jamil.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)