Beredar Seragam Komcad Mirip dengan Loreng TNI

Senin, 07 Juni 2021 - 17:58 WIB
loading...
Beredar Seragam Komcad Mirip dengan Loreng TNI
Seragam Komponen Cadangan (Komcad) mirip dengan loreng TNI. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) telah resmi membuka seleksi pendaftaran Komponen Cadangan (Komcad) 2021. Adapun seleksi tersebut dimulai sejak 1 Juni hingga 6 Juni mendatang.

Seleksi tersebut dalam rangka memperkuat pertahanan negara melalui Sistem Pertahanan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) sekaligus memenuhi hak dan kewajiban warga negara dalam upaya pembelaan negara. Hal itu sesuai dengan UUD 45 Pasal 27 (3), Hak dan Kewajiban warga negara untuk ikut serta dalam upaya Pertahanan dan Keamanan Negara sesuai UUD 45 Pasal 30 (1) dan UU 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional (PSDN) untuk Pertahanan Negara.

Akun instagram @infokomando mengunggah sebuah gambar seragam anggota Komcad ke depannya selepas lolos seleksi. Terlihat dari gambar tersebut bahwasanya seragam itu serupa dengan TNI. Akan tetapi terdapat perbedaan yang dapat dilihat pada penggunaan nama pada badge yang disematkan. Untuk dada bagian kanan tertulis nama personel.

Sementara itu pada dada bagian kiri tertulis TNI-KC yang merupakan akronim Komponen Cadangan TNI. Untuk penempatan logo Komcad berada di atas tulisan TNI-KC. Adapun baret yang dimiliki personel Komcad berwarna hijau terang. Baret ini juga mirip dengan korps infanteri, yang membedakan hanyalah logo yang tersemat.

Beralih ke lengan bagian kiri, tercantum logo dari Mabes TNI. Di bawah logo itu, ada tanda pangkat balok satu berwarna merah serupa dengan pangkat Prajurit Dua (Prada) di TNI. Kemudian, di bagian lengan kanan juga terdapat tanda pangkat. Hal yang menjadi pembeda, terdapat badge nama Divisi termasuk Brigade atau Batalion para personel akan berdinas aktif sebagai Komcad.

MNC Media telah mencoba mengonfirmasi terkait seragam ini kepada Karo Humas Kemhan Marsma TNI Penny Radjendra dan Juru Bicara Menhan Prabowo Subianto, Dahnil Anzar Simanjuntak, akan tetapi keduanya belum ada yang merespons.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1809 seconds (0.1#10.140)