Terus Gemakan Jokowi 3 Periode, Ferdinand: Lebih Baik Ubah Aturan Ketimbang Pecah

Senin, 07 Juni 2021 - 10:27 WIB
loading...
Terus Gemakan Jokowi 3 Periode, Ferdinand: Lebih Baik Ubah Aturan Ketimbang Pecah
Ferdinand Hutahean tetap menyuarakan kemungkinan dilanjutkannya periode kekuasaan Jokowi meskipun dengan mengubah konstitusi. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Wacana untuk menjadikan Jokowi sebagai presiden tiga periode terus didengungkan. Kendati konstitusi telah menetapkan batas periode kekuasaan seorang presiden, bukan sesuatu yang mustahil untuk mengubahnya.

Setelah politikus PDIP Effendi Simbolon yang menilai baik wacana Jokowi menjabat untuk kali ketiga, kali ini dukungan untuk satu kali periode Jokowi disuarakan aktivis Ferdinand Hutahaean . Dalihnya adalah keterbelahan bangsa Pemilu 2024 sebagai bagian dari rangkaian panasnya Pemilu 2019.

"Residu Pilpres 2019 belum selesai meski @prabowo dan @sandiuno sudah jadi pembantu Pres @jokowi, dan sekarang bangsa kita sudah sibuk lagi untuk kembali memasuki era keterbelahan politik." kata Ferdinand Hutahaean dilansir dari cuitan twitternya Senin(07/06/2021)



Menurut dia, mesti ada solusi untuk itu. Mantan anggota Partai Demokrat ini mengatakan keterbelahan politik tersebut dapat dicegah. Caranya, melanjutkan masa pemerintahan Jokowi menjadi tiga periode. "Saya kadang jadi berpikir, daripada bangsa ini harus terbelah lebih jauh, apa tidak lebih baik LANJUTKAN 3 Periode saja?" lanjutnya

Ferdinand menilai mewujudkan cita-cita tiga periode bukanlah hal yang mudah. Hal ini mengingat masa jabatan dibatasin dengan konstitusi.

"Memang tidaklah mudah soal LANJUTKAN 3 Periode ini. Konstitusi kita mengatur 2 Periode maksimum jabatan Presiden dan Wapres." ujarnya

Baca juga: Ragukan Hasil Survei, Politikus PDIP Anggap Baik Wacana Jokowi Presiden 3 Periode

Menurutnya mengevaluasi aturan dua periode menjadi tiga merupakan hal yang lebih baik. Hal ini daripada menghadapi adanya ancaman keutuhan bangsa pada saat pemilu.

"Tapi jika kita merenung, bukankah lebih baik evaluasi aturan drpd kita masuk pada ruang yg beresiko tinggi akan keutuhan bangsa?" pungkasnya.

Sebelumnya Effendi Simbolon justru sebalinya, dia menilai bahwa wacana Jokowi 3 periode merupakan hal yang baik. "Realistis juga, kita pernah zaman Bung Karno lebih dari 2 periode, zaman Soeharto juga lebih dari dua periode, masalah periodisasi ini adalah kesepakatan kita yang dituangkan dalam konstitusi, jadi kalau kemudian katakanlah saat ini atau nanti kita mencoba mewacanakan tiga periode dan itu berpeluang kembali meneruskan kepemimpinan Pak Jokowi, saya rasa hal yang baik juga," kata Effendi dalam rilis survei secara daring itu, Sabtu (5/6/2021).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)