Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemuda Muhammadiyah Ajak Masyarakat Menanam Pohon

Minggu, 06 Juni 2021 - 06:51 WIB
loading...
Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemuda Muhammadiyah Ajak Masyarakat Menanam Pohon
Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemuda Muhammadiyah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemuda Muhammadiyah mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya dengan cara menanam pohon.

Ketum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto mengatakan, berbicara lingkungan hidup, tidak hanya berbicara tentang perilaku manusia terhadap alam, namun juga berbicara tentang semua relasi pada kehidupan alam semesta. ”Kita harus menempatkan alam sebagai pemilik nilai, lantas secara moral memberlakukan prinsip bahwa setiap kehidupan dimuka bumi memiliki nilai moral yang sama, sehingga harus dilindungi dan diselamatkan,” ujarnya, Minggu (6/6/2021).

Pada tataran praksis, kata dia, Pemuda Muhammadiyah berkomitmen mempromosikan pembangunan fisik serta teknologi yang tidak menghancurkan lingkungan dan tatanan alam semesta. ”Hari ini tidak lagi soal untung rugi, namun tentang mengarusutamakan kehidupan semua makhluk hidup. Selain itu, banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan, salah satunya adalah gerakan menanam pohon,” katanya. Baca juga: Jenderal Kopassus Merayap Sejauh 4,5 Km di Hutan Kalimantan Demi Bekuk Pentolan Komunis

Menurut dia, Pemuda Muhammadiyah berupaya mendorong masifikasi gerakan menanam pohon oleh seluruh lapisan struktural baik tingkat pusat hingga ranting. Menanam pohon harus jadi habit keseharian bagi kader-kader Pemuda Muhammadiyah. Gerakan menanam pohon harus menjadi gerakan berjamaah seluruh kader, sebab keberadaan pohon adalah simbol relasi manusia dengan lingkunganya.

Hal itulah yang mendorong dirinya memimpin PWPM Jawa Tengah dan Jawa Timur melakukan gerakan menanam pohon secara serentak dengan tagline “Satu Kader Satu Pohon”. “Di Jawa Tengah agenda tersebut secara langsung saya hadiri, bersama teman-teman kader menanam ratusan bibit pohon bakau di salah satu pantai di kota Tegal,” ucapnya.

Selain mencegah agar tidak terjadi abrasi, gerakan semacam ini juga diharapkan mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya peduli terhadap alam dan lingkungan sekitar. ”Dalam berbagai kesempatan saya sering menyampaikan pesan kepada para kader bahwa menanam pohon dan menjaga lingkungan adalah wujud keramahan yang putih dan ketulusan yang tak pernah menagih. "Bahkan konon, jauh sebelum kesadaran kita akan keberadaan pohon ini tumbuh. Bung Hatta pernah berucap untuk setiap pohon yang engkau rubuhkan tanamlah lima. Selamat hari Lingkungan Hidup Sedunia, semoga bumi kita lekas sehat kembali,” katanya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1731 seconds (0.1#10.140)