Penjelasan KPK Terkait Firli Bahuri Tak Hadiri Debat Dirsoskam Antikorupsi

loading...
Penjelasan KPK Terkait Firli Bahuri Tak Hadiri Debat Dirsoskam Antikorupsi
Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menggelar debat terbuka dengan mengundang Ketua KPK Firli Bahuri dan Dirsoskam Antikorupsi KPK, Giri Suprapdiono. Foto/Raka Dwi Novianto
JAKARTA - Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menggelar debat terbuka mengenai wawasan kebangsaan dengan mengundang Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi ( KPK ) Firli Bahuri dan Direktur Sosialisasi dan Kampanye (Dirsoskam) Antikorupsi KPK , Giri Suprapdiono.

Baca juga: Dukung Independensi KPK, BEM Nusantara Minta Polemik TWK Dihentikan

Menanggapi itu, pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri menyebut bahwa pihaknya telah menerima undangan tersebut. Namun, Firli, kata Ali, tidak bisa hadir dengan alasan ingin mengakhiri polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) tersebut.

"Kami telah merespons surat tersebut bahwa Ketua KPK tidak bisa memenuhi undangan tersebut karena ingin mengakhiri polemik di ruang publik terkait dengan alih status pegawai KPK menjadi ASN," ujar Ali dalam keterangannya, Jumat (4/6/2021).

Baca juga: Cerita Giri Bareng Firli Lulus Tes Kebangsaan Calon Pimpinan KPK

Ali menyebut dalam undangan yang diterima pihaknya tercantum bahwa debat publik dilaksanakan di pelataran gedung Merah Putih KPK yang merupakan area publik. Namun, dirinya menyayangkan debat dilaksanakan di ruang pers KPK tanpa ada izin.



"KPK menyayangkan acara debat tersebut yang kemudian dilakukan di ruang pers KPK tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Kami berharap dukungan publik untuk menciptakan situasi yang kondusif demi kelancaran tugas-tugas pemberantasan korupsi oleh KPK," kata Ali.

Diberitakan sebelumnya, Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi menggelar debat publik antara Firli dan Giri. Pantauan MNC Portal, acara yang digelar di ruang wartawan KPK itu hanya nampak dihadiri Giri dan Peniliti ICW Kurnia Ramadhana sebagai pembawa acara. Najwa Shihab yang bakal menjadi moderator pun telah hadir secara online, namun Ketua KPK Firli tidak tampak hadir.

Giri pun nampak menjawab beberapa pertanyaan yang ditanyakan oleh Kurnia. Firli Bahuri tidak menampakkan batang hidungnya hingga acara selesai.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top