PDIP-Gerindra Mesra, Pengamat: Politik Indonesia Sangat Pragmatis

Sabtu, 29 Mei 2021 - 20:50 WIB
loading...
PDIP-Gerindra Mesra, Pengamat: Politik Indonesia Sangat Pragmatis
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin mengatakan bahwa politik Indonesia sangat pragmatis. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ( PDIP ) dan Partai Gerindra dinilai bisa saja berseteru dan bersatu di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) mendatang.

"Jika kepentingannya sama akan bersatu. Namun jika kepentingannya beda akan berseteru," kata Ujang Komarudin kepada SINDOnews, Sabtu (29/5/2021).

Ujang mengatakan, di Pilpres 2009, PDIP-Gerindra bersatu karena kepentingan sama. "Di Pilpres 2014 dan 2019 karena beda kepentingan, maka mereka berseteru," katanya.

Baca juga: Di Balik Perseteruan Puan dan Ganjar, Ada Benang Merah dengan Jokowi

Dia melanjutkan, pasca Pilpres 2019 lalu, PDIP dan Gerindra mesra kembali. "Dan di Pilpres 2024 nanti, jika kepentingannya sama ya gabung, akan lupakan kasus batu tulis. Namun jika kepentingannya tak sama, siap-siap untuk saling serang lagi," katanya.

Sekadar diketahui, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan perjanjian batu tulis yang dibuat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sudah selesai pada Pemilu 2009. Menanggapi pernyataan Hasto Kristiyanto itu, Ujang Komarudin menilai sejarah itu bisa berulang.

"Walaupun PDIP ingin menutup kasus batu tulis. Namun harus diingat bahwa sejarah itu bisa berulang.
Namun jika PDIP-Gerindra jadi bersatu di 2024, perjanjian batu tulis telah ditutup," katanya.

Baca juga: 2 Faktor Ini Bikin PDIP Berpotensi Besar Cetak Hattrick Menang Pilpres

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani pada Kamis, 27 Mei 2021 tidak menampik Prabowo Subianto akan maju bersama calon dari PDIP di Pilpres 2024. Alasannya karena hubungan baik antara Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri sejak lama.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)