Satgas Ungkap Alasan Indonesia Belum Lirik Vaksinasi untuk Anak-Anak

Jum'at, 28 Mei 2021 - 20:35 WIB
loading...
Satgas Ungkap Alasan Indonesia Belum Lirik Vaksinasi untuk Anak-Anak
Indonesia sepertinya belum melirik vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak. FOTO/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Indonesia sepertinya belum melirik vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa saat ini memang belum masif vaksinasi bagi anak-anak di dunia.

"Belum masifnya vaksinasi COVID-19 bagi anak di dunia, diakibatkan hanya sebagian merek vaksin yang diujicobakan kepada anak-anak saat proses pengadaannya," katanya dalam konferensi persnya, Jumat (28/5/2021).

Dia mengatakan bahwa saat ini Indonesia memang belum melirik vaksinasi untuk anak-anak karena masih fokus pada kelompok rentan. Di mana usia kelompok rentan ada di atas 19 tahun.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 di Pinrang Mulai Sasar Kalangan Lansia

"Untuk saat ini, Indonesia masih berfokus melakukan vaksinasi kepada kelompok rentan yaitu dilihat dari kontribusi terbesar pada kasus nasional. Dan secara statistik didominasi oleh usia di atas 19 tahun. Sedangkan persentase kontribusi kasus positif pada anak antara umur 0 sampai dengan 8 tahun tidak sampai dengan 10%," ujarnya.

Vaksinasi terhadap kelompok rentan ini bertujuan untuk mempercepat perlambatan laju penularan akibat kekebalan yang terbentuk tersebut. Meski begitu Wiku menyebut bahwa tidak menutup kemungkinan adanya vaksinasi bagi anak-anak di masa mendatang.

"Namun ke depannya tidak menutup kemungkinan secara bertahap. Populasi anak-anak akan pula mendapatkan vaksinasi karena Sesuai dengan amanat presiden, untuk berupaya keras setiap orang mendapatkan haknya untuk divaksin," katanya.

Baca juga: Kenapa Sih Vaksinasi Gotong Royong Gunakan Sinopharm? Ini Alasannya
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)