Kementerian Kominfo Gelar Ruang Pamer Literasi Digital

Sabtu, 22 Mei 2021 - 23:50 WIB
loading...
Kementerian Kominfo Gelar Ruang Pamer Literasi Digital
Menteri Kominfo Johnny G Plate saat peluncuran Program Literasi Digital Nasional Indonesia Makin Cakap Digital. FOTO/SINDOnews/R RATNA PURNAMA
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo ) meluncurkan Program Literasi Digital Nasional 'Indonesia Makin Cakap Digital'. Program ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo mengenai Percepatan Transformasi Digital Nasional, khususnya terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM) digital.

Kegiatan yang berlangsung secara luring dan daring ini mendapatkan apresiasi dan penghargaan Rekor Museum Republik Indonesia (Muri) untuk Pertemuan Daring Peserta Terbanyak.

"Program literasi digital adalah sebuah keharusan di tengah semakin intensifnya penggunaan internet oleh masyarakat, di mana saat ini terdapat setidaknya 196,7 juta warganet di Indonesia. Tugas kita bersama adalah memastikan setiap anak bangsa mampu mengoptimalkan kebermanfaatan internet yang salah satunya ditandai dengan potensi ekonomi digital Indonesia yang diproyeksikan mencapai total valuasi USD124 miliar pada tahun 2025 mendatang," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate dalam keterangannya, Sabtu (22/5/2021).

Baca juga: 50 Juta Masyarakat Indonesia Ditargetkan Melek Literasi Digital pada 2024

Dalam peluncuran ini juga dihadirkan beragam ruang pamer Program Literasi Digital yang terinspirasi dari 4 Pilar Literasi Digital yang terdiri dari digital skill, digital culture, digital ethics, dan digital safety, yang menjadi dasar menciptakan Digital Nation yang sehat, kuat dan berdaya. "Di saat bersamaan, literasi digital adalah sebuah keniscayaan untuk membentengi warganet dari dampak-dampak negatif internet," kata Johnny.

Ruang pamer ini merupakan simulasi dari berbagai program literasi digital oleh Kominfo, Siberkreasi, WIR Group, Shinta VR, Paberik Soeara Rakjat, dan SMK Coding. Kominfo bersama Siberkreasi menyajikan kelas Podcast secara gratis, dengan materi komprehensif termasuk demo pembuatan podcast, hardware & Software Breakdown, sampai ke taping podcast.

Kelas podcast yang diadakan oleh GNLD Siberkreasi Kementerian Kominfo merupakan kelas podcast gratis dengan materi komprehensif dan peserta yang berasal dari seluruh Indonesia dengan rata-rata peserta dalam satu seri kelas yakni 3.000 peserta. Pada batch pertama kelas Podcast di tahun 2020 telah mencetak 5.000 podcaster baru. Selain Kominfo dan Siberkreasi, yang akan menampilkan showcase Podcast yakni Paberik Soeara Rakjat.

Baca juga: Bangun Literasi Digital Pancasila Melalui Pesantren Kilat

Sedangkan WIR Group menampilkan teknologi Augmented Reality yang kali ini menghadirkan kecanggihan untuk 'menghidupkan' beberapa Presiden Republik Indonesia, melalui foto dari Soekarno, Abdurrahman Wahid, dan tentunya Pak Joko Widodo. Tiap foto merupakan 'marker' untuk menjalankan content digital yang telah tersimpan di dalam gadget yang digunakan oleh user.

Dalam exhibition ini, tiap Presiden RI menyampaikan salah satu pidato sambutan dari beberapa event tertentu. Teknologi Augmented Reality WIR Group telah mendapatkan berbagai penghargaan internasional, antara lain di Silicon Valley pada 2015 dan 2016, di London dan di Chicago.

Selain itu WIR Group juga menampilkan AR Pedia, di mana objek Augmented Reality dapat muncul dari permukaan lantai tanpa menggunakan marker khusus. Contoh yang dihadirkan adalah Presiden Joko Widodo dalam bentuk animasi 3D memberikan arahan tentang pencegahan penyebaran COVIDd-19 di Indonesia.

Shinta VR akan menampilkan dua produk showcase yakni SpaceCollab dan Millealab. Space Collab adalah platform multiplayer Virtual Reality yang dapat menyatukan orang-orang di dunia virtual untuk melakukan berbagai macam aktivitas tersinkronisasi. SpaceCollab sudah diujicobakan di Kejaksaan Agung RI untuk melakukan simulasi sidang virtual. Keunggulan SpaceCollab tersebut adalah bisa membuat Avatar 3D secara cepat hanya dengan foto selfie lalu langsung menjadi karakter virtual yang dapat berinteraksi dengan Avatar lain di dunia virtual. SpaceCollab dapat dijalankan secara multidevices (VR atau Handphone atau Komputer).

Milllealab merupakan platform 3D dan VR untuk pendidikan K-12. Di sini akan menampilkan bagaimana Millealab dapat dengan mudah digunakan oleh guru-guru untuk membuat konten belajar berbasis teknologi 3D dan VR. Millealab sudah diakses di 34 provinsi dan melatih 2.500 guru dan menghasilkan 150 guru ambassador VR Indonesia. Keunggulan Milllealab adalah mudah digunakan, tidak perlu coding, tidak perlu infrastruktur mahal, background riset yang solid.

Kecepatan dan kemudahan menjadi kekuatan masyarakat digital. Oleh karenanya, Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi yang terdiri lebih dari 110 komunitas, mendokumentasikan lebih dari 150 tema kelas pelatihan digital dari level dasar, menengah hingga lanjutan menggunakan aplikasi mobile yang mudah dan murah untuk diakses oleh masyarakat. Ini merupakan kerja sama dengan codelite, 1000apps, feedloop dan sekolah beta hacker class program bersama altera academy.

Tidak hanya itu, Ruang Pamer ini juga menampilkan berbagai aktivitas dan program literasi digital yang sudah dirintis oleh berbagai institusi pemerintah, swasta, organisasi kemasyarakatan, komunitas, platform, yang tergabung sebagai mitra Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi. Siberkreasi menjadi manifestasi dari semangat gotong royong aksi nyata meningkatkan kapasitas digital masyarakat Indonesia.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1530 seconds (0.1#10.140)