KSAL Minta Awak KRI Sultan Hasanuddin Teruskan Kesuksesan dalam Misi Perdamaian Dunia

Jum'at, 21 Mei 2021 - 08:41 WIB
loading...
KSAL Minta Awak KRI Sultan Hasanuddin Teruskan Kesuksesan dalam Misi Perdamaian Dunia
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meminta awak KRI Sultan Hasanuddin menularkan kesuksesan dan pengalaman dalam bertugas sebagai pasukan perdamaian dunia kepada generasi penerus. Foto/Dispenal
A A A
JAKARTA - Kesuksesan dan pengalaman dalam bertugas sebagai pasukan perdamaian dunia harus ditularkan kepada generasi penerus. Hal itu merupakan harapan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono yang disampaikannya saat mengunjungi KRI Sultan Hasanuddin - 366 bertempat di Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kamis, (20/5/2021).

Yudo menambahkan pengalaman selama 16 bulan bertugas dan profesionalisme yang sudah dimiliki para ABK KRI Sultan Hasanuddin - 366 harus ditempa terus menerus dan ditularkan kepada generasi berikutnya dalam bentuk pelatihan-pelatihan. “Kalian yang sudah memiliki profesionalisme mengawaki KRI bertugas dalam misi perdamaian dunia, bertanggung jawab untuk memberikan pelatihan-pelatihan kepada generasi-generasi berikutnya,” ujar Kasal.

Yudo juga memerintahkan kepada ABK yang selesai misi di Lebanon ini untuk terus mempertahankan kondisi kapal perang yang saat ini siap tempur melalui perawatan-perawatan rutin dan berkala. “Pertahankan terus kondisi kapal ini”, tegasnya.

Selain itu, pemimpin TNI AL juga berpesan kepada para ABK untuk segera menyesuaikan diri dengan kehidupan di Tanah Air, terutama terhadap masih tingginya kasus Covid-19 yang terjadi di Indonesia. “Tetap laksanakan protokol kesehatan saat bertemu dengan para keluarga dan tetanggamu, karena pasti mereka akan datang berkunjung,” tuturnya.

Sementara itu, berkaitan dengan selesai misi internasional yang biasanya para prajurit TNI AL ini mendapat tambahan finansial lebih, Yudo mengingatkan supaya bisa mempergunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat. “Pandai-pandailah mengelola kesejahteraan finansial yang kalian peroleh selama penugasan, sehingga mampu memberikan nilai manfaat untuk keluarga besar kalian,” ungkap Kasal.

KRI Sultan Hasanuddin - 366 yang dikomandani Letkol Laut (P) Ludfy, telah selesai mengemban misi perdamaian dunia di Lebanon dibawah naungan United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL). Kapal ini yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda XXVIII-L/UNIFIL bertugas sejak Agustus 2019 hingga Mei 2021 dengan membawa prajurit TNI AL sebanyak 119 Prajurit yang terdiri dari 113 pengawak KRI, 1 Perwira Intelijen, 1 Perwira Psikologi, 1 Dokter Militer, 1 Perwira Penerangan, 1 Kopaska, dan 1 Penyelam TNI AL.

Kepulangan KRI Sultan Hasanuddin-366 ke Tanah Air dari Lebanon memakan waktu kurang lebih 30 hari dengan rute Lebanon, Portsaid – Mesir, Jeddah – Arab Saudi, Salalah – Oman, Srilanka – Colombo, Batam – Jakarta hingga nantinya akan berakhir di Pangkalan Koarmada II Surabaya.

Sebelum kunjungan KSAL dan Pejabat Utama TNI AL, para prajurit Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL mendapat tanda jasa Satya Lencana Santi Dharma yang diberikan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen Ganip Warsito mewakili Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)