Megawati Akan Resmikan Patung Bung Karno di Gedung Lemhanas

Kamis, 20 Mei 2021 - 11:15 WIB
loading...
Megawati Akan Resmikan Patung Bung Karno di Gedung Lemhanas
Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri hari ini direncanakan akan meresmikan patung Bung Karno di depan kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri hari ini direncanakan akan meresmikan patung Bung Karno di depan kantor Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), dalam rangkaian peringatan hari lahir ke-56 tahun lembaga yang dirintis Presiden pertama RI, Ir Soekarno pada 20 Mei 1965.

"Presiden kelima RI, Ibu Megawati Soekarnoputri siang ini akan hadir secara langsung di Lemhannas untuk menandatangani prasasti dan meresmikan patung Bung Karno dan sekaligus bertepatan dengan HUT Lemhannas ke-56," ujar Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto di Jakarta, Kamis (20/5/2021).

Hasto mengatakan dalam peresmian nanti, Megawati yang juga Ketua Umum PDIP akan didampingi Gubernur Lemhannas Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo dan Ketua DPR RI, Puan Maharani pada saat momen peresmian patung yang berada di halaman depan Gedung Lemhannas RI.

Menurut Hasto, Lemhanas tidaklah asing bagi Megawati. Sebab, putri dari Proklamator RI, Bung Karno itu sangat menaruh perhatian terhadap lembaga yang berlokasi di dekat Monas itu. Megawati disebutnya beberapa kali menghadiri kegiatan lembaga yang dipimpin Agus tersebut.

"Keberadaan Lemhannas penting dan strategis guna menggembleng para calon pemimpin bangsa. Mereka harus dibekali dengan ilmu geopolitik agar memahami cara pandang bangsa Indonesia terhadap dunia, dan memperjuangkan kepentingan nasional bangsa berdasarkan konstelasi geopolitik antarbangsa," ucap Hasto.

"Ibu Megawati berpesan saat kita melihat patung Bung Karno, diharapkan kita akan ingat pada ide, gagasan, pemikiran, cita-cita dan pengabdian beliau kepada bangsa Indonesia, serta menginspirasi kita sebagai generasi penerus untuk terus berjuang demi Indonesia Raya," sambung Hasto.

Hasto yang juga akan turut hadir mendampingi menambahkan, Megawati berharap Lemhannas dapat mewujudkan diri sebagai lembaga yang berkualitas, kredibel, dan berkelas dunia dalam bidang ketahanan nasional.

Sementara itu, Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo mengatakan Presiden Soekarno mendirikan Lemhannas RI pada 1965 di tengah polarisasi dunia yang berdampak kepada kehidupan nasional yang penuh ketidakstabilan.

"Presiden pertama Indonesia Ir Sukarno berhasil mendirikan suatu lembaga pendidikan tinggi pertahanan untuk membentuk dan mengembangkan tenaga-tenaga pembina baik sipil maupun militer, pada tingkat politik strategi pertahanan nasional," ucap Agus.

Gubernur Lemhannas pun menekankan penting dan strategisnya keberadaan Lemhannas RI hingga saat ini. Keseluruhan acara dilakukan dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. Agenda peresmian patung Bung Karno ini bisa disaksikan melalui kanal YouTube Lemhannas RI.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1712 seconds (0.1#10.140)