Kejar Herd Immunity, Mendagri Minta Kepala Daerah Pimpin Langsung Program Vaksinasi

Kamis, 20 Mei 2021 - 09:10 WIB
loading...
Kejar Herd Immunity, Mendagri Minta Kepala Daerah Pimpin Langsung Program Vaksinasi
Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta kepala daerah turun tangan dalam mempercepat program vaksinasi COVID-19. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian meminta kepala daerah turun tangan dalam mempercepat program vaksinasi COVID-19 . Dengan begitu herd immunity atau kekebalan kelompok dapat segera dicapai.

Tito juga meminta agar program vaksinasi tak hanya diserahkan pada kepala dinas, melainkan perlu dipimpin langsung oleh para kepala daerah.

"Tolong rekan-rekan kepala daerah memberikan dorongan yang sangat serius kepada kepala dinas kesehatan, terutama dalam rangka untuk melakukan program vaksinasi, apalagi kalau bisa memimpin rapatnya langsung, itu lebih bagus lagi," ujarnya dikutip dari pers rilis Puspen Kemendagri, Kamis (20/05/2021).

Dia menekankan tentang perlunya keterlibatan langsung kepala daerah dalam jalannya program vaksinasi. Pasalnya, kepala daerah merupakan otoritas yang memiliki kewenangan penuh di daerah.

"Di beberapa daerah kami cek itu semua diserahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, sehingga ketika menemukan hambatan di lapangan itu di luar kewenangannya," jelasnya.

Lebih lanjut Tito juga meminta kepala daerah memiliki skenario dalam menjalankan program vaksinasi di daerah masing-masing. Pasalnya, setiap daerah memiliki situasi di lapangan yang berbeda-beda. Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Tak Aman untuk Perempuan Menstruasi? Ini Faktanya!

"Kita harus mempercepat penyuntikan untuk mencapai kekebalan kelompok secepat mungkin. Jadi mohon betul kepala daerah memiliki skenario dan tolong pimpin langsung. Sehingga kepala dinas kesehatan pede (percaya diri) pada saat melakukan eksekusi," jelasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)