Sandiaga Koordinasi Pemda, Pastikan Prokes di Tempat Wisata Dilaksanakan

loading...
Sandiaga Koordinasi Pemda, Pastikan Prokes di Tempat Wisata Dilaksanakan
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno terus meningkatkan kerja sama dengan Pemda, memastikan kepatuhan penerapan protokol kesehatan di tempat-tempat wisata. Foto/Twitter/sandiuno
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno terus meningkatkan kerja sama dengan pemerintah daerah (Pemda), memastikan kepatuhan penerapan protokol kesehatan (Prokes) di tempat-tempat wisata yang buka selama libur Lebaran.

Baca juga: Buka Peluang Usaha, Sandiaga Kolaborasi dengan Bahlil Bentuk Tim Pencari Investor

Tak hanya itu, Sandiaga juga mengharapkan peran serta dari masyarakat agar patuh dan tidak abai dengan protokol kesehatan. Menurutnya, upaya bangsa untuk terlepas dari virus Corona (Covid-19) bergantung kepada kemampuan masyarakat untuk patuh terhadap prokes.

"Kami akan secara tegas berkoordinasi untuk menindaklanjuti agar dalam beberapa hari ke depan ini bisa kita tingkatkan, agar tidak memicu penularan Covid-19," kata Sandiaga Uno dalam keterangan tertulis, Senin (17/5/2021).



Baca juga: Sandiaga Uno Terus Dorong Penerapan CHSE untuk Memulihkan Sektor Pariwisata

Sejalan dengan itu, Sandiaga juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk memberikan sanksi kepada pihak pengelola destinasi wisata yang abai terhadap prokes.

Selain itu, pelatihan dan pendampingan bagi pengelola tempat wisata yang belum siap menerapkan prokes yang tepat dan benar juga akan dilakukan.

"Libur lebaran ini masih akan berlanjut satu minggu ke depan, oleh karena itu kami meminta kepada seluruh masyarakat agar mematuhi aturan dengan penerapan protokol kesehatan di mana pun ketika bepergian," kata Sandiaga.

Sandiaga mengatakan, prokes harus diterapkan secara ketat agar kondisi ekonomi yang kini mulai pulih, terutama sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dapat terjaga. Langkah tersebut juga menegaskan bahwa sektor parekraf bukan bagian daripada masalah, tetapi solusi atas pandemi Covid-19.

"Harapan kami agar sektor pariwisata dan ekonomi kreatif ini bangkit dan pulih, membuka lapangan kerja seluas-luasnya, patuh terhadap protokol kesehatan dan mampu untuk menjadi lokomotif, agar kita bisa melihat SDM-SDM yang diberi pelatihan mampu untuk mengawal program pemerintah yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu," ucap Sandiaga.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top