Menag Kembali Ingatkan Jalankan Salat Idul Fitri Tetap Jaga Protokol Kesehatan

Kamis, 13 Mei 2021 - 06:08 WIB
loading...
Menag Kembali Ingatkan Jalankan Salat Idul Fitri Tetap Jaga Protokol Kesehatan
Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengimbau agar seluruh umat dapat mengambil pelajaran (ibrah) dari peristiwa ini. Foto/MPI/Widya Michella
A A A
JAKARTA - Umat Muslim Indonesia merayakan hari kemenangan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H , Kamis (13/5/2021). Perayaan ini merupakan kali kedua umat Muslim merayakan Idul Fitri di masa pandemi.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas mengimbau agar seluruh umat dapat mengambil pelajaran (ibrah) dari peristiwa ini. Menag kembali mengingatkan umat muslim dengan ajaran agama yakni menyelamatkan nyawa sesama merupakan prioritas utama. Baca juga: Pantau Takbiran dan Persiapan Salat Idul Fitri, Ini Temuan Wali Kota Surabaya

"Pandemi COVID-19 telah mempertajam pemahaman kita bahwa salah satu inti ajaran agama adalah menjaga nilai-nilai kemanusiaan. Ramadhan dan Idul Fitri saat pandemi semakin perkuat nilai kemanusiaan," ujar Yaqut dikutip pada laman resmi Kemenag, (Kamis,13/05/2021)

Dia menuturkan semoga puasa dan ibadah lainnya yang telah dijalani selama Ramadhan dalam suasana pandemi ini dapat meningkatkan kualitas ketakwaan kepada Allah sehingga menjadi spirit baru untuk terus menebarkan kebajikan dan rahmat bagi semesta.

"Ketakwaan yang tidak hanya tercermin dalam kesalehan personal tapi juga kesalehan sosial dalam rupa kepedulian pada sesama. Ketakwaan yang memiliki keseimbangan antara spiritual vertikal dengan kesalehan sosial," jelas Yaqut.

Yaqut pun mengapresiasi bentuk kesalehan sosial yang telah dilakukan oleh berbagai pihak saat Ramadhan, salah satunya dengan taat menjaga protokol kesehatan (prokes) serta kondusivitas dalam peribadatan.

"Mulai dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), tokoh agama dan masyarakat, alim ulama, ormas Islam, pengelola media, insan pers, para dermawan, TNI/Polri, hingga para tenaga medis yang terus berjuang menyelamatkan pasien COVID-19," imbuh Menag.

Terakhir ia pun mengajak berbagai pihak agar dapat memanfaatkan momentum Idul Fitri ini untuk mengagungkan asma Allah melalui takbir dan tahmid. Lalu mengingatkan seluruh umat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dalam berlebaran.

"Karena masih pandemi, mari beribadah dan berlebaran dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan disiplin 5M, yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas," imbau dia.

Demi menjaga protokol kesehatan, ia mengungkapkan rencananya untuk melaksanakan Takbiran dan Salat Idul Fitri di rumah. "Saya juga akan Takbiran di rumah bersama keluarga inti, anak-anak dan istri. Kamis pagi, saya akan menjadi imam dan khatib Salat Id di rumah. Saya akan menyampaikan pesan khatib tentang hikmah puasa dan spirit Idul Fitri di tengah pandemi," terangnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4268 seconds (0.1#10.140)