Sandiaga Beberkan Daerah Potensial Pengembangan Wisata Ramah Muslim

Rabu, 12 Mei 2021 - 16:14 WIB
loading...
Sandiaga Beberkan Daerah Potensial Pengembangan Wisata Ramah Muslim
Kemenparekraf tengah mengembangkan konsep Muslim-friendly tourism. Ada sejumlah daerah di Indonesia yang dinilai potensial pengembangan wisata ramah muslim. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah mengembangkan konsep wisata ramah muslim (Muslim-friendly tourism). Ada sejumlah daerah di Indonesia yang dinilai potensial untuk pengembangan destinasi wisata ramah muslim.



Sandiaga mengatakan, wisata halal merupakan bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim. Pelayanan dalam pariwisata halal merujuk pada aturan-aturan Islam, artinya setiap destinasi wisata di daerah tersebut nantinya akan ditambah, baik segi layanan atau fasilitas yang memadai khususnya bagi wisatawan muslim.

"Karena konsep kami, Muslim-friendly tourism adalah extension of service, tambahan layanan dan produk dan jasa untuk para wisatawan," lanjut Sandiaga.

Pria yang akrab disapa Mas Menteri ini menilai, pandemi memang berdampak sangat besar terhadap industri pariwisata. Tetapi, di sisi lain, hal itu ternyata memberikan berkah karena pihaknya dapat menata ulang sektor pariwisata yang lebih baik lagi.

"Dan setelah kita kunjungi Aceh, Sumbar, dan NTB, ini sangat-sangat terbuka wawasan kita bahwa masa pandemi ini adalah waktu yang baik untuk menata pariwisata secara keseluruhan," papar Sandiaga.

Oleh sebab itu, dalam hal pengembangan wisata ramah muslim, pihaknya akan menggandeng stakeholder terkait dan juga pemangku kepentingan lainnya. Dengan begitu, Sandiaga berharap bahwa pihaknya dapat memetakan daerah-daerah potensial lainnya di Indonesia dalam rangka pengembangan wisata halal.

"Kita bisa secara holistik memetakan potensi, juga bisa mengeksekusi program-program ekonomi memulihkan sektor ini dan juga harapannya membuka lapangan kerja seluas-luasnya. Selain itu, diharapkan bisa menambah skill dari para pelaku pariwisata ramah muslim agar mereka bisa mengambil peluang di tengah pandemi," ujar Sandiaga.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2644 seconds (0.1#10.140)